Sabtu, 20 Oktober 2018 07:19 WIB
pmk

makanmakan

Nikmati Lembutnya Daging Ikan Barakuda

Redaktur: Achmad Sukarno

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jika ada Bandeng Telur Asin yang menggugah selera, pasti ada menu jenis ikan yang dimasak dengan cara dan bahan lainnya. Afdan Nafi menyajikan menu lainya, tak selang beberapa lama pelayan membawakan piring berisikan ikan dengna ukuran panjang ditambah moncong panjangnya juga, dimana diatasnya ada beberapa potongan bumbu dapur yang berwarna hijau.

Afdan menyebutnya Alu-alu Bakar Acar. Jika kita tidak mengetahui alu-alu ya sebut saja hewan ini seperti barakuda. Sebenarnya  hampir sama saja jenisnya.  ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki.  Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudratropis dan subtropis di seluruh dunia.

Ketika INDOPOS mencicipi hidangan ini, dimulut terasa sangat manis dan lembut.  Eh, seketika tergigit cabe rawit. Tapi rasa pedas ini tidak menutupi kenikmatan ikan alu-alu itu. Kenapa menggunakan ikan alu-alu sebagai bahan dasarnya, padahal ada banyak jenis ikan? "Masakan ini kan bumbu-bumbunya pedasnya, jadi pasangannnya itu harus bahan dengan daging yang manis dan lembut. Tidak akan menutup rasa kenikmatan, karena identik orang Indonesia menyukai makanan pedas dan manis," jelas Afdan kepada INDOPOS beberapa waktu lalu.

Lelaki yang merupakan Manager Operasional Aneka Selera Nusantara (ASN) ini menjelaskan beberapa tahapan proses pengolahan ikan alu-alu. Ikan ini terlebih dahulu dibakar dengan waktu beberapa lama, ya mungkin pengunjung akan merasa  bosan untuk menunggunya, tapi dijamin rasa bosan Anda akan hilang ketika sudah menikmati makanan lezat ini.

"Ikan dibakar terlebih dahulu, terus disisihkan. Sembari itu, masak tomat hijau, cabai hijau, bawang merah,kemangi, itu ditumis-tumis. Setelah itu disiram ke atas ikan yang sudah dibakar tadi," pungkasnya

Adannya kemangi di dalam membuat rasa penasaran kami  terjawab, kenapa bisa beraroma harum pada makanan ini.

Bersama keluarga besar makanan ini layak dihidangkan pada jam-jam makan siang seperti ini, rasa panas dari nasi dan ikan menjadi kombinasi yang pas kala itu. Rasa lapar seketika terbayar dengan sajian lezat ala ASN. (zbs)


TOPIK BERITA TERKAIT: #makanmakan 

Berita Terkait

First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi

makanmakan

IKLAN