X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:12 WIB

Nusantara

Polisi Gulung Mafia Sabu-Sabu 7 Kg

Redaktur: Folber Siallagan

PELURU-Penyelundup sabu-sabu ditembak polisi. DODI/RADAR SAMPIT

INDOPOS.CO.ID – Polda Kalteng membongkar sindikat perdagangan narkoba internasional. Tak tanggung-tanggung, kali ini barang bukti yang diamankan berupa sabu seberat 7,169 kilogram.

Salah satu pelaku, Panji Rajji (27), warga asal Sulawesi Selatan, diringkus aparat, Rabu (3/10) lalu. Kurir barang haram itu ditangkap di Desa Rimba Jaya, Kabupaten Lamandau. Barang bukti sabu yang diamankan terpencar dalam beberapa bagian. Rinciannya, paket pertama berisi 1.195 gram, paket dua 1.196 gram, paket tiga 1.196 gram, paket empat 1.196 gram, paket lima 1.193 gram, dan paket enam 1.196 gram.

Diketahui tersangka merupakan kurir internasional. Sabu yang dibawanya berasal dari Malaysia, lalu dipasok ke Kalbar dan hendak dibawa ke Kalsel.

Wakapolda Kalteng Brigjend Pol Rikwanto mengatakan, penangkapan berawal dari pengembangan pengungkapan kasus sebelumnya dan informasi masyarakat pada September. Informasinya, ada sabu yang akan dibawa ke Kalimantan Selatan melalui Kalimantan Tengah.

Berbekal informasi itu, polisi langsung melakukan penyelidikan selama satu bulan hingga diperoleh informasi akurat, penyeludupan sabu akan dilakukan pada Oktober melalui jalur darat dari Pontianak melalui Kalteng dengan tujuan Banjarmasin, Kalsel. Polisi lalu melakukan razia dan memburu pelaku di jalan Trans Kalimantan wilayah Lamandau.

”Tersangka ini sudah dua kali mengambil narkotika dari Pontianak dibawa ke Banjarmasin dengan upah Rp 40 juta satu kali membawa sabu. Saat ini kami masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain,” kata Wakapolda Kalteng Brigjend Pol Rikwanto. (daq/ign)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sabu-sabu 

Berita Terkait

IKLAN