Minggu, 16 Desember 2018 11:28 WIB

Headline

Indonesia-Arab Saudi Berupaya Tekan Pengangguran

Redaktur: Darul Fatah

KERJA SAMA: Penandatanganan kerja sama antara Pemerintah RI dan Saudi Arabia.

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi menandatangani technical agreement bidang ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis (11/10/2018). Hal itu bertujuan menekan pengangguran serta berkontribusi positif terhadap peningkatan pasar tenaga kerja di tanah air.

Amin Ahmad Balbaid, wakil wekretaris Jendral Indonesia Labour Suppliers Indonesia Association (ILSA) mengapresiasi langkah pemerintah terkait technical agreement yang dilakukan dengan Arab Saudi. Langkah startegis ini membawa pengaruh yang baik apalagi minat Arab Saudi pada tenaga kerja indonesia (TKI) sangat tinggi.

"Hal tersebut memberi peluang positif untuk terbukanya lapangan pekerjaan cukup besar untuk Indonesia. Kami sangat memberi apresiasi kepada Kementerian Tenaga Kerja Bapak Menteri Hanif Dakhiri yang berani mengambil langkah yang cukup startegis demi membuka pasar kerja mancanegara," kata Amin, di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Amin menambahkan, secara langsung penandatanganan ini memberi dampak  pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Hal tersebut akan berdampak postif mengurangi masalah pengangguran di Indonesia dan tidak hanya itu, banyak aspek postif lainnya," kata dia.

Kendati demikian, Amin mendorong pemerintah untuk memperhatikan masalah perlindungan dan keselamatan para TKI yang bekerja di luar negeri, termasuk di Arab Saudi. Jaminan perlindungan ini sangat penting agar para penyumbang devisa terbesar bagi negara tersebut dapat bekerja dengan nyaman dan aman.

"Tidak hanya itu, saya juga meminta pemerintah bersama stake holder lainnya berupaya meningkatkan kualitas keterampilan TKI. Hal tersebut tentunya guna meningkatkan daya saing para TKI itu sendiri," tutup Amin. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kerja-sama-bilateral #internasional 

Berita Terkait

Pengusaha Kanada Ditangkap di Kota Dandong

Internasional

Peretasan di AS Makin Merajalela

Internasional

Siapkan Operasi Baru Di Suriah

Internasional

IKLAN