Minggu, 16 Desember 2018 10:49 WIB

Headline

Musnahkan Tiga Hektare Ladang Ganja, Ini yang Dilintasi Tim Gabungan

Redaktur: Heryanto

DUA TITIK-Tim gabungan yang dipimpin Dittipid Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan ladang ganja seluas tiga hektare di Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (11/10). Tim juga melintasi sungai berarus deras. Foto: Dittipid Narkoba Bareskrim Polri for INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Upaya tim operasi gabungan kepolisian untuk menuju lokasi ladang ganja di wilayah hukum Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) tampaknya perlu kerja keras. Betapa tidak? Medan yang berat seperti melintasi hutan dan sungai dengan arus deras harus ditempuh untuk bisa menjalankan operasi pemusnahan ladang ganja.

Inilah operasi tim gabungan yang melibatkan sebanyak 66 personel dari Direktorat IV Tindak Pidana (Tipid) Narkotika Bareskrim Polri, Ditresnarkoba Polda Aceh, Satnarkoba Polres Lhokseumawe, dan Polsek Sawang di Dusun Uteun Punti Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara pada Kamis (11/10/2018). Untuk menuju sasaran, tim gabungan memerlukan waktu dua jam dengan kendaraan double cabin. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki selama tiga jam dengan melewati sungai yang arusnya deras.

”Dibutuhkan kehati-hatian untuk melintasi sungai tersebut,” ujar Kasubdit II Dit IV Tipid Narkoba Kombes Pol Jefriadi yang memimpin operasi dibantu Kombes Pol Ali Pranaka dan Kombes Pol Ghiri Prawijaya dalam rilis yang diterima INDOPOS, tadi malam (11/10/2018).

Di Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, tim berhasil memusnahkan ladang ganja sekitar tiga hektare (ha) di dua titik berbeda dengan tingkat kerapatan setiap satu meter persegi terdapat satu tanaman.

Selain tanaman ganja juga ditemukan pondok ladang dan pondok pengintai. Pemusnahan kedua ladang ganja tersebut dilakukan dengan cara dicabut dan dibakar, termasuk menghanguskan pondok pengintainya. Operasi gabungan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.50 WIB.

Selain di Kecamatan Sawang, Aceh Utara, operasi pemusnahan ladang ganja juga dilakukan di Desa Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar sekitar tiga ha. Operasi gabungan itu dipimpin Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Kombes Pol Krisno Halomon Siregar didampingi Diresnarkoba Polda Aceh Kombes Pol Agus Sarjito. (aro)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ganja #aceh #narkoba #kriminal 

Berita Terkait

Rampok Sepasang Kekasih, Dua Begal Digelandang

Megapolitan

Kulit Harimau Bisa Jadi Bahan Edukasi

Nasional

Lahan Perkebunan Dikorupsi Rp1 M

Nusantara

15 Muda-Mudi Mesum Diamankan

Nasional

Hutan Rusak dan Narkoba Jadi Sorotan PERADI

Nasional

Polisi Bekuk Bandar Pil Koplo di Kalangan Pelajar

Nusantara

IKLAN