Minggu, 16 Desember 2018 10:18 WIB

Internasional

Berkulit Hitam, Seorang Baby Sitter Pria Dikira Penculik

Redaktur: Heryanto

Seorang baby sitter berkelamin pria, Corey Lewis baru saja mendapatkan pengalaman paling tidak mengenakan yang pernah ia alami. Ia mengalami tindak rasisme. Foto: The Atlantic

INDOPOS.CO.ID - Seorang baby sitter berkelamin pria, Corey Lewis baru saja mendapatkan pengalaman paling tidak mengenakan yang pernah ia alami, yaitu tindak rasisme dari seorang perempuan yang kemudian memanggil polisi.

Kejadian itu berlangsung ketika Lewis yang notabene adalah pria berkulit hitam baru saja keluar dari salah satu toko sandwich yang berada di Georgia, Amerika Serikat, Minggu (7/10). Ia tak sendirian, ia keluar bersama dua anak yang ia sedang jaga.

Tiba-tiba seorang perempuan mendatanginya dan menanyakan kabar kedua anak tersebut. Ia terkesan memaksa untuk berbicara kepada kedua anak berkulit putih yang sedang ia jaga, namun Lewis menolak.

Curiga karena Lewis adalah pria berkulit hitam dan ia berpikir buruk karena ia takut Lewis akan menculik dua anak itu, ia nekat menelepon kepolisian. Bahkan saking curiganya  rupanya nekat membuntuti mobil Lewis yang berisikan dua anak kulit putih yang ia sedang jaga.

Tak terima kasus rasisme yang dialaminya, Lewis mengunggah insiden itu dalam bentuk video ke akun facebook-nya. Video yang ia unggah ke akun facebook pribadinya tiba-tiba menjadi sangat viral dan diperdebatkan di Amerika.

Dilansir dari BBC, Kamis, (11/10), video itu ditonton lebih dari 600 ribu kali. Video itu menyulutkan amarah netizen. Hal ini terlihat dari kolom komen yang dipenuhi hujatan kepada perempuan yang penuh rasa curiga itu.

Bahkan tak segan-segan netizen mengatakan, sikap perempuan itu merupakan tindakan rasisme yang menjijikan. Untuk mengekspresikan kemarahannya, banyak netizen yang menggunakan tagar #BabySittingWhileBlack.

Dalam video yang ia unggah, Lewis mengungkapkan kemarahannya dengan kata-kata sebagai orang hitam dan dengan kasus yang terjadi, ia merasa sangat tidak bebas untuk berekspresi. “Saya dipermalukan dan dibuntutui hanya karena saya hitam dan mereka putih,” katanya.

Kedua orangtua bocah berkulit putih tersebut mengaku sangat terkejut ketika anggota kepolisian menelepon mereka. Kepolisian meminta mereka mengonfirmasi bahwa mereka memang mempercayakan Lewis untuk mengasuh anak mereka. Kejadian memalukan bagi Lewis berakhir dengan permintaan maaf dari pihak kepolisian ditempat.(am1/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rasis #baby-sitter 

Berita Terkait

IKLAN