wisata

Delapan Wisata Favorit di 2019

Redaktur: Ahmad Nugraha
Delapan Wisata Favorit di 2019 - wisata

GAYA HIDUP – Wisata sambil belajar akan menjadi salah satu favorit bagi orang tua untuk mengajak putra-putrinya ke suatu tempat untuk menambah pengetahuan./ist

INDOPOS.CO.ID - Traveling kini menjadi gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan, terutama kalangan milenial. Melihat hal itu, situs Booking.com, merilis delapan prediksi wisata favorit pada 2019. Dengan melihat prediksi ini, kita bisa mendapatkan ide untuk rencana berwisata di tahun depan.

1.       Berwisata Sambil Belajar (The Appren-trip)

Di 2019 akan ada banyak wisatawan yang membuat keputusan perjalanan dengan lebih serius karena selain ingin menambah lebih banyak destinasi, mereka juga mau perjalanannya jadi lebih berarti, yaitu sebagai sarana pemenuhan kebutuhan pribadi. Lebih dari setengah (56 persen) wisatawan global setuju bahwa bepergian telah mengajarkan keterampilan hidup yang tak ternilai, dan di tahun depan akan terlihat peningkatan keinginan orang untuk mempelajari sesuatu yang baru saat bepergian. Tahun depan diprediksi bahwa akan terjadi peningkatan pada jumlah liburan yang bertujuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan relawan atau aktivitas keterampilan lintas generasi.

2.      Mendambakan Kemudahan

Kemudahan akan menjadi tolak ukur untuk menilai inovasi teknologi travel pada 2019. Beberapa tahun belakangan ini, wisatawan telah mendengar banyak gebrakan seputar kecerdasan buatan (AI), virtual reality (VR) hingga pengenalan suara. Di tahun mendatangn, inovasi yang menjuarai adalah inovasi yang secara mulus dapat menawarkan teknologinya sebagai solusi praktis bagi para wisatawan. Pikirkan akses kamar tanpa kunci yang cukup dengan ponsel, tips perjalanan personal, atau concierge robot yang dapat berkomunikasi dengan tamu dalam bahasa mereka.

3.       Teritori yang Tak Terjamah

NASA akan memulai pembangunan Lunar Space Station-nya pada tahun 2019 (peluncurannya pada 2022) dan kita akan terus melihat investasi yang cukup besar di luar angkasa. Pada 2019 dan seterusnya, manusia akan terus mendorong batas ekstrem dengan kemajuan teknologi ruang angkasa. Prospek pariwisata ruang angkasa tidak akan tampak seperti lompatan raksasa lagi. Perusahaan travel dan barang konsumen akan berinvestasi dalam berbagai tes di bumi untuk mempersiapkan masa depan di ruang angkasa dan memenuhi selera konsumen untuk menantang perbatasan baru. Empat dari sepuluh wisatawan (40 persen) mengakui bahwa mereka senang dengan prospek perjalanan ruang angkasa di masa depan, dan terbuka untuk mempertimbangkan pengalaman itu sendiri (38 persen).

4.      Lebih Dekat dan Personal

Tahun 2019 akan melihat perkembangan pesat dalam konsumsi informasi perjalanan. Panduan perjalanan yang umum dan komprehensif akan diganti dengan konten yang semakin pendek, relevan, dan personal, yang dapat diintegrasikan dengan rapi di feed wisatawan. Sepertiga dari wisatawan (34 persen) menginginkan seseorang atau sesuatu untuk membuat rekomendasi perjalanan untuk mereka, dan sekitar dua perlima (41 persen) ingin teknologi seperti AI untuk membuat saran perjalanan berdasarkan pengalaman sebelumnya. Bahkan, lebih dari setengah (52 persen) akan senang kalau ada inovasi teknologi seperti pemandu wisata digital. Karena rekomendasi yang personal dan individual semakin penting, mereka berharap para produsen konten perjalanan besar dan profesional untuk menyediakannya dengan teknologi AI di sepanjang 2019, supaya mereka bisa memanfaatkannya di saat mereka membutuhkan.

5.       Bepergian Dengan Hati Nurani

Dengan adanya peningkatan minat global dalam isu-isu sosial seperti hak asasi manusia, kesetaraan dan kondisi kerja, 2019 adalah tahun di mana akan banyak ditemukan wisatawan yang sadar akan nilai sosial. Mereka mempertimbangkan isu-isu sosial, politik dan lingkungan di destinasi potensial sebelum mengambil keputusan. Saat ini hampir separuh (49 persen) wisatawan merasa masalah sosial di destinasi sangat penting ketika memilih sebuah destinasi. Lebih dari setengah (58 persen) memilih untuk tidak pergi ke suatu destinasi jika mereka merasa dampaknya akan negatif terhadap orang-orang yang tinggal di sana.

6.      Plastik Sangat Tidak Fantastik

Masalah plastik sekali pakai akan terus menjadi topik hangat, tetapi pada tahun 2019, kepedulian lingkungan akan berubah menjadi tindakan yang lebih besar. Generasi milenial dan Gen Z mencari pengalaman yang berkelanjutan di tempat tujuan mereka, sementara penyedia akomodasi akan mencari cara untuk mengurangi penggunaan plastik dan meningkatkan kredensialnya dalam praktik berkelanjutan.

7.      Kurasi Pengalaman

Perjalanan dengan pengalaman adalah salah satu tren perjalanan utama 2018. tetapi 2019 akan membawanya lebih jauh lagi. Dalam refleksi perjalanan, 'melakukan' akan sama atau lebih besar bobotnya dengan 'pergi'. Untuk hampir dua pertiga dari wisatawan (60 persen), pengalaman sekarang dihargai lebih tinggi daripada harta benda, sehingga wisatawan akan memilih pengalaman otentik, mulai dari makan, tidur, belanja, hingga menonton pertandingan olahraga favorit. Mereka menekankan pada pentingnya menciptakan momen yang memberi kebahagiaan dan kenyamanan yang tak terlupakan bahkan setelah pulang.

8.       Memaksimalkan Perjalanan Mikro

Lebih dari setengah wisatawan global (53 persen) berencana untuk melakukan lebih banyak perjalanan saat akhir pekan. Akan ada lebih banyak perjalanan yang terukur, atau perjalanan dengan itinerary padat dalam jangka waktu yang lebih singkat. Mereka percaya bahwa pengalaman yang berkesan tidak selalu harus dilakukan di tempat yang luar biasa, atau dalam jangka waktu yang lama. ''2019 akan menjadi tahun yang menarik untuk bepergian. Dengan kemajuan teknologi, dunia yang semakin terkoneksi dan selera konsumen yang terus berkembang untuk mendapatkan pengalaman perjalanan terbaik, kita siap untuk melihat perkembangan inovasi, pergi ke destinasi yang belum dijelajahi,'' kata Pepijn Rijvers, Chief Marketing Officer di Booking.com. (dew)

TAGS

Berita Terkait

Lifestyle / Lebaran, Tiket Masuk Bromo-Semeru Naik

Lifestyle / Tracking Seru Bareng Orang Utan

Lifestyle / Mereguk Segar di Curug Cibulao

Lifestyle / Eksotika Pulau Tegal Mas Lampung

Lifestyle / "Surga" nan Hijau di Pagar Alam

Daerah / Berlari Ditemani Indahnya "Pasir Berbisik"


Baca Juga !.