Rabu, 14 November 2018 05:08 WIB
pmk

Headline

KPK Minta Jangan Tabrakan dengan PP, Mendagri: Peran Menteri PANRB Strategis

Redaktur: Heryanto

Ketua KPK, Agus Rahardjo didampingi Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan bersama MenPAN-RB Syaruddin dan Mendagri Tjahjo Kumolo memberi keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/11/2018). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) itu pertama kali disuarakan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. Saat itu APIP tidak berada di bawah kewenangan kepala daerah. Sekarang ini berbeda. APIP saat ini di bawah naungan inspektorat.

Wakil Ketua KPK Agus Raharjo mengatakan, perubahan itu dilakukan agar independen itu tercapai. Jika proses ini terwujud, lanjut Agus mengatakan eksekutif hanya bisa mengusulkan para ASN yang sudah lolos bidding.

“Intinya masih di dalam sistem pemerintahan tapi pengangkatannya, pemberhentiannya, pengisiannya kemudian tadi supaya independen itu tercapai,” kata Agus Raharjo saat memberikan keterangan pers bersama kedua menteria terkait di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

“Kalau misalnya pengangkatan itu yang mengangkat bukan bupati, mungkin ada sesuatu yang diusulkan Pak Syafruddin (Men PANRB). Bupati hanya mengusulkan yang sudah lolos open bidding nanti. Yang angkat untuk inspektorat daerah itu Pak Mendagri,” papar Agus.

Selain itu, revisi PP harus dipertimbangkan guna tidak berbenturan dengan UU yang ada sekarang ini. “Supaya tidak nabrak aturan yang ada sekarang kan waktunya sempit, tidak kungkin membuat UU, oleh karena itu, yang memungkinkan hari ini adalah revisi PP,” tandas Agus.

Sebagai Wakil Ketua KPK, Agus mengharapkan pada PP tersebut Sumber Daya Manusia (SDM) harus di tingkatkan. “Harapan kita di dalam PP yang di revisi itu terkait denfan kecukupan anggaran dan SDMnya juga ditingakatkan,” ujar Agus.

Di tempat sama, Mendagri Tjahjo mengatakan, peranan Menpan RB sangat strategis dalam mengawasi rekrutmennya terbuka atau tidak. “Posisi Menpan nanti sangat strategis, menentukan apakah rekrutmennya sangat terbuka, berjenjang pelapornya, menyangkut nanti eselonnya,” tandas Tjahjo.(cr1)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #mendagri #menteri-panrb 

Berita Terkait

IKLAN