Rabu, 14 November 2018 05:09 WIB
pmk

Jakarta Raya

Fenomena Rebusan Pembalut Wanita Bikin Teler, Ini Kata Psikolog

Redaktur: Heryanto

Sampah pembalut wanita dan obat kuat berserakan. Rumah kosong di kawasan Lemahabang ini sering dijadikan pesta miras rebusan pembalut. (Radar Karawang/JawaPos.com)

INDOPOS.CO.ID - Fenomena kenakalan remaja mabuk rebusan pembalut tengah menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Kabarnya mereka bisa ngefly alias teler usai meminum ramuan tersebut. Psikolog Kassandra Putranto mengatakan, pembalut wanita memang mempunyai senyawa kimia. 

"Dalam pemakaian pembalut oleh para wanita, senyawa kimia itu digunakan untuk mengubah cairan menjadi gel. Nah cairan itu kalau dibakar, kena air dan suhu tertentu otomatis akan melarutkan senyawa baru yang seyogyanya tidak dikonsumsi oleh tubuh," ujar Kassandra saat dihubungi INDOPOS di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Menurutnya, bila ada sesuatu yang beracun kemudian dihirup tubuh manusia maka akan menyebabkan konsumen disorientasi. Kassandra menuturkan, bisa saja karena sifat rebusan pembalut itu beracun, sehingga memberikan efek menyerupai teler bagi orang yang meminumnya. "Nah disorientasi itu yang dicari sama si anak-anak itu," cetus Kassandra yang merupakan Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Jakarta.

Meski begitu, ia belum mengetahui secara pasti mengenai efek ketagihan para pemakainya. Bisa saja, kata Kassandra, pemakai menjadi adiktif karena mengkonsumsi hasil pembalut yang dibakar atau karena memang sudah adiktif sebelumnya. "Maksudnya, seperti adiktif narkoba sebelum mengkonsumsi (rebusan) pembalut dan mencari pengganti zat adiktif lain untuk dikonsumsi sehingga menggunakan pembalut yang dibakar itu," pungkasnya. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #fenomena-rebusan-pembalut-wanita-bikin-teler 

Berita Terkait

IKLAN