Sabtu, 15 Desember 2018 12:23 WIB

makanmakan

Pertama di Indonesia, Kompetisi Menyeduh Teh dengan Tea Mixologist

Redaktur: Heryanto

Seorang barista tengah menyeduh teh sebagai bagian contoh kompetisi teh. Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) menginisiasi sebuah lomba unik yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, yakni Tea Brewing Competition, Tea Mixologist yang disponsori teh 2Tang.

Humas dan Promosi AISTea Ratna Somantri mengatakan, Tea Brewing Competition, Tea Mixologist ini bertujuan untuk menunjukan bahwa teh selain dinikmati sebagai minuman hangat juga bisa dikreasikan menjadi minuman modern.

"Menambahkan teh ke dalam minuman bisa menambah nilai dari minuman tersebut karena teh dianggap sebagai minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, banyak ragam dan juga cerita menarik yang bisa diangkat," kata Ratna di SIAL Interfood Jakarta International Expo, Kemayoran, Minggu (25/11/2018)

Pakar teh ini menambahkan, saat ini untuk tea mixologist adalah sesuatu yang baru di Indonesia. Kebanyakan peserta yang ikut di kompetisi ini adalah barista dan chef yang mulai mempelajari teh dan tertarik untuk menambahkan teh dalam kreasi minuman mereka.

"Nah dengan kebaruan ini, demand-nya terbuka lebar karena saat ini pertumbuhan kafe sangat tinggi dan mereka membutuhkan variasi minuman yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Minuman berbahan dasar teh adalah salah satu pilihan karena unik, enak, dan sehat," terangnya.

Saat ini Indonesia memili 50 ragam teh. Namun belum banyak orang Indonesia yang tahu mengenai teh-teh Indonesia yang masuk kategori specialty tea. "Karena mayoritas tehnya masih untuk ekspor," imbuhnya.

Sponsor utama acara kompetisi ini adalah salah satu pelopor yang membuat teh Indonesia dengan kategori specialty tea. "Produknya juga bisa dibeli dengan mudah di pasar," terang Ratna

2Tang classic tea series yaitu, white, green, black dan jasmine tea adalah contoh teh Indonesia grade specialty tea. Beberapa teh Indonesia grade specialty tea lainnya yang sudah diberi merek masih terbatas pemasarannya. "Dari situlah kemudian kompetisi teh ini diharapkan membuat pasar teh specialty tea di Indonesia menjadi semakin berkembang

Pihak 2Tang ingin teh menjadi beragam variasinya. 2Tang melalui acara ini ingin menunjukan bahwa teh itu tidak sekadar teh yang diseduh dan diminum, tapi dengan menambah kreativitas, teh itu bisa dijadikan minuman yang sangat bervariasi dan bisa dinikmati di semua generasi.

"Syaratnya, tentu saja harus menggunakan teh yang berkualitas. Untuk itulah Teh 2Tang classic mendukung acara ini," kata Eko Handoko, Direktur PT Duta Serpack Inti Teh 2Tang sponsor utama Indonesia Tea Brewing Competition category Tea Mixologist. (zbs)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #aistea #ratna-somantri 

Berita Terkait

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

IKLAN