Sabtu, 15 Desember 2018 12:59 WIB

Nasional

TNI AL Perkuat Kedaulatan NKRI

Redaktur: Jakfar Shodik

HARI ARMADA-Komando Armada I menggelar upacara dan defile di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Rabu (5/12).FOTO:AHMAD KHUSAINI/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID - Kekuatan tempur TNI Angkatan Laut tak pernah absen mempertahankan kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Armada RI Kesatria hakekatnya tumbuh bersama lahirnya TNI.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menjelaskan, sejak pada 5 Desember 1959 silam, Kepala Staf ALRI Komodor Laut R.E. Martadinata meresmikan pembentukan Organisasi Komando Armada Republik Indonesia. Pembentukan Armada tersebut, merupakan peristiwa yang sangat penting memacu terwujudnya sebuah Angkatan Laut RI yang kuat modern. Peresmian terbentuknya Komando Armada RI pada 5 Desember 1959 juga dikenal sebagai Hari Armada RI.

“Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada Armada RI tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan NKRI,” kata Siwi Sukma Adji, usai upacara yang digelar di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (5/12).

Dia mengungkapkan, meski momentumnya diambil dari peristiwa 5 Desember 1959. Namun pada hakikatnya secara embrional Armada RI sudah lahir sejak Tahun 1945, sejalan dengan kelahiran TNI AL dan NKRI.

Pada momen tersebut, satu tradisi yang tak terlupakan dari Hari Armada RI adalah pemilihan Lanal dan JRI Teladan. Tidak hanya itu, juga dilakukan demonstrasi Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang melibatkan unsur SSAT.

Selain itu digelar demonstrasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran oleh KRI dan Pangkalan serta aksi terjun payung dari Prajurit Kopaska Koarmada I dan Intai Amfibi.

“Kegiatan ini melibatkan meriam pertahanan udara Unsur-unsur KRI dan meriam pertahanan udara dari Batalyon Pertahanan Pangkalan,” ungkapnya. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tni-angkatan-laut #armada-ri-kesatria #nkri 

Berita Terkait

IKLAN