Sabtu, 15 Desember 2018 12:48 WIB

Ekonomi

Optimalkan Peran Swasta

Redaktur: Jakfar Shodik

Ilustrasi Foto

INDOPOS.CO.ID - Tujuh pelabuhan berpotensi dikerjasamakan dengan pihak swasta atau badan usaha. Skema kerja bareng itu bisa berupa kerja sama operasi (KSO), kerja sama pemanfaatan (KSP), kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), atau konsensi. Nah, tujuh pelabuhan itu meliputi Pelabuhan Luwuk, Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Pinang-Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Larantuka, Pelabuhan Nabire, Pelabuhan Pangandaran, dan Pelabuhan Carocok Panasahan atau Painan.

Kepala Badan Litbang Perhubungan Sugihardjo mengatakan dalam skema pendanaan pembangunan sarana dan prasarana melalui optimalisasi dana domestik, BUMN infrastruktur memiliki peran strategis. Itu diharap dapat menyumbang pembiayaan cukup signifikan.

Secara kepemilikan, sebagian besar BUMN bergerak bidang sarana dan prasarana itu masih 100 persen dimiliki pemerintah, atau sebagian besar saham dimiliki pemerintah. Selama ini, pendanaan pembangunan sarana dan prasarana diidentikkan dengan anggaran APBN. ”Dengan begitu, swasta belum berperan optimal dalam pengembangan infrastruktur kepelabuhanan,” tutur Sugihardjo di Jakarta, Kamis (6/12).

Sugihardjo melanjutkan pengadaan dan pembangunan pelabuhan sudah dilaksanakan pihak swasta melalui sistem konsesi telah dilaksanakan PT Wahyu Samudera Indonesia (WSI) di Muaro Jambi.

Selain model kerja sama dengan badan usaha untuk pengelolaan pelabuhan, dapat juga menggunakan model Badan Layanan Umum (BLU). ”Pengadaan untuk sarana juga sebaiknya didorong untuk dikerjasamakan dengan swasta atau badan usaha, baik saat pembangunan kapal namun juga pada pengoperasian pelabuhan,” tegasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kso #ksp #kpbu #ekonomi 

Berita Terkait

Optimistis Iklim Usaha Positif

Ekonomi

Utang Potensial Membengkak

Ekonomi

Era Digital Penipu Canggih

Ekonomi

IKLAN