Nasional

Indonesia Berhasil Tingkatkan Produksi Padi dan Jagung

Redaktur: Ali Rahman
Indonesia Berhasil Tingkatkan Produksi Padi dan Jagung - Nasional

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto. Foto : Kementan RI untuk INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mencapai target peningkatan produksi padi dan jagung yang dicanangkan Pemerintah. Hal tersebut dinyatakan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto berdasarkan data secara nasional sepanjang tahun 2018.

“Produksi padi tahun 2018 mencapai 83,04 juta ton atau setara dengan 48,3 juta ton beras. Angka ini tercatat masih surplus dibandingkan dengan angka konsumsi sebesar 30,4 juta ton beras,” kata Direktur Jenderal Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

“Begitu juga dengan jagung, pada periode yang sama produksinya mencapai 30,05 juta ton PK, sedangkan perhitungan kebutuhan sekitar 15,58 juta ton. Masih ada perhitungan surplus sekitar 14 juta ton,” sambungnya.

Keberhasilan tersebut menurut Gatot adalah hasil dari pelaksanaan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus PJK) sejak tahun 2015.

“Sejak dilaksanakannya, Upsus PJK mampu meningkatkan luas tanam padi secara tajam sebesar 2 juta hektare, dari 14 juta hektar pada 2014 menjadi 16 juta ha tahun 2018,” ujarnya.(bar)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.