Jakarta Raya

Ratusan Lansia di Bukit Duri Cek Kesehatan Gratis

Redaktur: Redjo Prahananda
Ratusan Lansia di Bukit Duri Cek Kesehatan Gratis - Jakarta Raya

Para Lansia berbondong-bondong pereksakan kesehatan di Jalan Inspeksi, Bukit Duri, Tebet, Minggu (20/1/2019). Foto: Josevicar Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ratusan warga berusia lanjut (lansia) di Jalan Inspeksi Ciliwung, RT06/15, Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019). mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Kegiatan bakti sosial ini diprakarsai Gema Mandala (GEMA) Berkarya DKI Jakarta, Yayasan Dharmais dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan As-Syafi'iyah.

Ketua GEMA Berkarya DKI, Gaeandra Kartasasmita menuturkan, bakti sosial tersebut sebagai salah satu wujud keterlibatan langsung generasi milenial kepada para lansia atau manula.

"Sebab, belakangan milenial selalu diangkat-angkat sedangkan Lansia terlupakan," kata dia di lokasi bakti sosial.

Menurut dia, kawasan Bukit Duri sebagai lokasi baksos karena di kawasan itu, banyak lansia memerlukan bantuan. "Kami mengutamakan lansia usia di atas 50 tahun.”

Kondisi perekonomian para lansia tersebut sangat memprihatinkan, meskipun mayoritas masih tinggal bersama anak-anak mereka. Mereka pun belum banyak yang mendapatkan Kartu Jakarta Lansia.

"Kami sebagai generasi milenial tidak ingin hanya berpangku tangan saja dalam melihat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat yang masih terjadi ketimpangan. Kami ingin berkontribusi nyata untuk membantu mereka yang membutuhkan," sambung Gaendra, Minggu (20/1/2019).

Nurfitria Farhana, perwakilan dari Stikes As-Syafi'iyah mengirimkan mahasiswa-mahasiswi terbaik untuk memberikan pelayanan cek kesehatan kepada warga. 

"Bakti sosial bentuk kepedulian kami bersama untuk memastikan lansia di sini sehat. Cek kesehatan bukan berarti sakit. Para lansia bisa mengecek gula darah, kolesterol dan tensi,” kata Nurfitriana.

“Tidak hanya mengecek, kami juga berikan edukasi kepada lansia terkait pola hidup sehat," ujar putri dari tokoh perempuan, Tuti Alawiyah ini.

Selain cek kesehatan, para lansia itu mendapatkan bingkisan berupa vitamin dan suplemen untuk memberikan asupan gizi lebih kepada mereka. (ibl)

 

Berita Terkait

Banten Raya / Pemprov Cairkan Bantuan Lansia

Jakarta Raya / Ribuan Lansia Bakal Dijatah Rp 600 Ribu Tiap Bulan

Jakarta Raya / Lansia dan Anak Penderita Kanker Dapat Layanan Kesehatan


Baca Juga !.