Headline

KPU ‘Coret’ Kisi-kisi Debat

Redaktur: Redjo Prahananda
KPU ‘Coret’ Kisi-kisi Debat - Headline

INDOPOS.CO.ID - Debat perdana calon presiden dan wakil presiden pada Kamis 17 Januari 2019 lalu dinilai gagal memuaskan masyarakat untuk mengetahui gagasan dari kedua pasangan calon.

Mendapat banyak kritikan dari publik dan pemerhati pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjanji akan merevisi sejumlah hal teknis. Salah satunya tidak akan memberi kisi-kisi pertanyaan di debat berikutnya.

"Kisi-kisi tidak akan kami berikan dalam debat kandidat selanjutnya," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam sebuah diskusi berjudul Evaluasi dan Rekomendasi Debat Pilpres 2019 di Jakarta, Minggu (20/1/2019).

KPU menyadari harapan publik terhadap debat pertama pilpres belum terakomodir, sehingga sangat diperlukan perbaikan ke depannya. "Debat capres-cawapres pertama dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme tampaknya belum sepenuhnya memenuhi harapan publik," kata Wahyu.

Menurut Wahyu, KPU memiliki tanggung jawab dalam melakukan evaluasi sehingga akan membuat format yang berbeda dari debat perdana capres-cawapres kemarin.

"Sehingga kami akan membuat format mekanisme debat yang memungkinan pasangan calon itu mengeksplorasi gagasan visi-misi program sehingga mampu meyakinkan pemilih," paparnya.

Wahyu berharap jika debat selanjutnya masih belum maksimal apa yang disampaikan paslon tentu yang bermasalah bukanlah KPU sebagai penggelenggara. "Kalau paslon yang performanya kurang baik, maka kritiknya jangan kepada KPU," tegasnya.

Merujuk jadwal ditetapkan KPU, debat pilpres kedua akan diselenggarakan 17 Februari 2019, dengan mengusung tema terkait energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan. (dil)

Berita Terkait


Baca Juga !.