Depok

Ratujaya-Terminal Bisa Satu Jam

Redaktur:
Ratujaya-Terminal Bisa Satu Jam - Depok

MASIH MACET -  Sejumlah kendaraaan terjebak kemacetan di kawasan Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (17/1). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK/ Indopos Grup

INDOPOS.CO.ID – Kepadatan kendaraan di Jalan Raya Kartini hingga Stasiun Depok Lama masih terjadi pada Kamis (17/1/2019) lalu. Terutama pada saat jam sibuk pagi dan sore. Begitu juga dari arah Stasiun menuju Grand Depok City. Kemacetan tersebut membuat para pengendara harus ekstra sabar, tak sedikit pula yang merasa jengkel.

Rahmat, salah satu pedagang alat olahraga di Jalan Kartini mengatakan, ruas jalan dua arah tersebut sering kali macet pada jam sibuk. Yakni, pukul 05.00-09.00 wib dan pukul 17.00-20.00 wib. Menurutnya, kemacetan di sepanjang jalur tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari dirinya sejak 10 tahun lalu hingga kini.

“Semua motor dan mobil bisa sampai terhenti, karena macet sampai stasiun Depok paling jauh di puteran depan pom bensin. Selalu tiap hari gak pernah absen Pagi-Sore,” kata Rahmat kepada Radar Depok (Indopos Grup), Kamis (17/1/2019).

Senada, Irfan Nofansyah warga Kelurahan Ratujaya juga merasakan kekesalan setiap kali melintasi Jalan Ratujaya sampai Jalan Raya Kartini. Karyawan di salah satu perusahaan swasta itu setiap harinya berangkat dan pulang kerja mengendarai sepeda motor.

“Parah macetnya, dari Ratujaya sampai ke terminal Depok saja bisa 1 jam,” ucap Irfan kesal.

Irfan menuturkan, kemacetan lebih parah dialami selama dua hari belakangan ini, karena adanya pengerjaan galian PDAM yang memakan separuh bahu Jalan Raya Kartini hingga depan Markas Koramil 05/08 Depok.

“Kalau bisa diperhatikan pengerjaan galiannya, jangan saat jam sibuk. Karung-karung tanahnya juga jangan sampai makan bahu jalan,” ujarnya.

Menanggapi keluhan warga, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Dadang Wihana membenarkan kemacetan panjang selama dua hari ini di Jalan Raya Kartini disebabkan adanya pekerjaan galian PDAM. Sehingga jalur menuju Stasiun Depok hanya dapat dilalui satu kendaraan bermotor roda empat.

Namun dia juga tak menampik bahwa setiap harinya kedua jalur tersebut kerap macet pada jam sibuk. “Iya selalu macet, tapi arus lalin mengalir jalannya,” tutur Dadang kepada Radar Depok.

Saat menyambangi proyek galian PDAM, Kamis (17/1), Dadang mengatakan, terhitung 18 Januari 2019 pengerjaan proyek akan dilakukan mulai pukul 09.00 wib. Material tanah bekas galian juga akan dipindahkan ke trotoar jalan.

“Saya perintahkan material tidak ada yang berada di bahu jalan. Artinya Jalan Raya Kartini harus bisa dilewati dua kendaraan roda empat seperti biasa,” terangnya.

Terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Kompol Sutomo menuturkan, kemacetan diakibatkan karena tingginya volume kendaraan dari pertemuan dua jalur. Yakni, dari GDC dan Citayam. Namun, saat sampai di pertigaan GDC hanya ada satu jalur.

“Mohon pengguna jalur bersabar, kami selalu menurunkan petugas untuk membantu mengurai macet, berkolaborasi dengan Dishub,” singkat Sutomo.

Menyikapi tudingan kemacetan yang diakibatkan adanya galian PDAM, Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka mengatakan, pihaknya akan berusaha meminimalisir gangguan akibat pekerjaan galian tersebut.

“Kami sampaikan PDAM mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada warga sekitar Jalan Raya Kartini Margonda, akibat dampak dari pekerjaan pemasangan pipa,” ungkap Imas kepada Radar Depok, kemarin (17/1/2019).

Imas menegaskan, pekerjaan pemasangan pipa di Jalan Kartini akan rampung dalam satu bulan. Diketahui galian yang dikerjakan memiliki panjang kurang lebih satu kilometer, dari instalasi hingga Jalan Kartini.

“Untuk mengurai kemacetan kami sudah berkoordinasi dengan Dishub. Sementara menuntaskan galian sesuai target kami kerahkan sekitar 40 orang pekerja,” ujar Imas.

Selain di Jalan Kartini, pekerjaan galian yang sedang dikerjakan PDAM yaitu di Jalan Raya Bogor, dari Jalan Nangka hingga Jalan Akses Universitas Indonesia. PDAM juga sedang melaksanakan pekerjaan pemasangan pipa JDU di Jalan Raya Tanah Baru.

“Secara total pekerjaan pipa PDAM mulai dari instalasi Citayam sampai Apartemen Melati (ujung Margonda UI) sepanjang 7,7 kilometer,” pungkasnya. (san/gun)

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.