Nasional

Ada 600 Hoaks Pemilu 2019, Bawaslu Baru Eksekusi 180 Konten

Redaktur: Jakfar Shodik
Ada 600 Hoaks Pemilu 2019, Bawaslu Baru Eksekusi 180 Konten - Nasional

TANGKAL HOAKS - (ki-ka) Ketua Bawaslu Abhan bersama Ketua KPU Arief Budiman dan Menkominfo Rudiantara saat penandatangan MoA tangkal hoaks di medsos. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah menerima ratusan konten hoaks Pemilu 2019. Informasi dan berita hoaks itu tersebar di media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram.

”Kami sudah terima data sekitar 600-an konten-konten hoaks,” ungkap Ketua Bawaslu RI Abhan di Pancoran Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Ia menyebut, dari ratusan hoaks itu, pihaknya telah mentake-down sekitar 180-an konten hoaks. Selain itu, Bawaslu juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk melakukan tindakan berupa pemberian sanksi ke platform yang bersangkutan. Ia berharap hoaks terkait Pemilu 2019 tidak meningkat. ”Kami akan lakukan tindak pidana dan pencegahan semaksimal mungkin sehingga tidak masif terjadi pelanggaran,” jelasnya.

Bawaslu bersama KPU dan Kemenkominfo telah menandatangani Memorandum Of Action (MoA) dalam menangkal hoaks di medsos dalam ajang pemilu. Kesepakatan itu dilakukan pada 31 Januari 2018. Kesepakatan itu merupakan bentuk gugus tugas lembaga penyelenggara pemilu dan pemerintah dalam rangka menggelar pesta demokrasi yang jurdil dan berintegritas. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.