Daerah

PVMBG Tetapkan Zona Bahaya Gunung Karangetang

Redaktur: Redjo Prahananda
PVMBG Tetapkan Zona Bahaya Gunung Karangetang - Daerah

Kepulan asap dari guguran lava gunung Karangetang di Pulau Siau, Sulawesi Utara. Foto: Dok BNPB

INDOPOS.CO.ID - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan, warga tidak melakukan aktivitas dalam zona bahaya Gunung Karangetang di Pulau Siau, Sulawesi Utara. Zona perkiraan bahaya meliputi radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (utara) dan kawah utama (selatan).

Kepala PVMBG Badan Geologi Kasbani mengatakan, zona berbahaya juga mencakup sektoral dari puncak ke arah barat laut sejauh 3 kilometer dan ke arah barat laut utara sejauh 4 kilometer.

"Masyarakat di sekitar gunung Karangetang yang berada di area Barat laut utara dari kawah dua, di antaranya Kampung Niambangeng, Beba dan Batubulan agar dievakuasi ke tempat yang aman dari ancaman guguran lava atau awan panas guguran gunung," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Selain itu, masyarakat dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

"Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak gunung, agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai," terangnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sitaro juga melaporkan dua unit jembatan kampung tersebut rusak berat.

Pemerintah daerah setempat dan unsur terkait lain, seperti TNI, Polri, sukarelawan telah melakukan upaya penanganan darurat. (dan)

Berita Terkait


Baca Juga !.