Nusantara

Kopassus Gadungan Keliaran di Kapal, Ditanya KTA Diam. Bagaimana Selanjutnya?

Redaktur: Juni Armanto
Kopassus Gadungan Keliaran di Kapal, Ditanya KTA Diam. Bagaimana Selanjutnya? - Nusantara

ILUSTRASI - Prajurit Kopassus tengah menjalani upacara. Foto : Doni Kurniawan/BANTEN RAYA

INDOPOS.CO.ID - Personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) XIV/6 Makassar Serda Abrizal yang diperbantukan di PT Pelni mengamankan seorang anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD gadungan di Kapal Motor (KM) Ciremai berinisial MI, 29, setelah oknum itu memperlihatkan gelagat yang mencurigakan.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kapendam XIV/Hasanuddin Letkol Inf Maskun Nafik di Makassar, Senin (11/2/2019).

Dia menjelaskan, kejadian itu berawal dari gelagat yang dianggap mencurigakan salah satu penumpang lanjutan KM Ceremai dari Kota Sorong Papua Barat tujuan Jakarta, yang transit di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Minggu (10/2/2019).

Penumpang atas nama MI itu berangkat dari Pelabuhan Sorong dengan menggunakan KM Ceremai dan menggunakan pakaian biasa atau sipil.

Setelah di atas kapal yang bersangkutan mengganti pakaian dengan menggunakan pakaian dinas TNI AD berpangkat Sersan Dua (Serda) dengan Kesatuan Kopassus.

Ketika tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, oknum tersebut turun dari kapal dengan menggunakan pakaian dinas lengkap Kopassus. Namun karena tingkah lakunya mencurigakan. Maka Serda Abrizal, personel Denpom XIV/6 Makassar yang diperbantukan di PT Pelni mendekati dan bertanya kepadanya.

Saat menanyakan angkatannya di TNI, yang bersangkutan tidak dapat menjawab alias diam, sehingga Serda Abrizal meminta Kartu Tanda Anggota (KTA). Namun si tentara gadungan itu tidak bisa menunjukkan identitasnya hingga bersangkutan diamankan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh anggota Denpom XIV/6 Makassar.

Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bersangkutan merupakan anggota TNI AD gadungan, selanjut MI diserahkan berikut dengan barang bukti kepada pihak Polsek Kawasan Soekarno Hatta untuk diproses sesuai hukum yang berlaku. (ant)

 

Berita Terkait

Megapolitan / GM FKPPI Netral di Pemilu 2019

Nasional / Tak Semua Kementerian Bisa Diisi TNI

Nasional / TNI di Kementerian Kendurkan Semangat Reformasi

Nasional / Berharap Intelijen TNI Dapat Deteksi Dini


Baca Juga !.