Headline

Rizal Ramli: Optimisme Jokowi Makin Lama Makin Memudar

Redaktur: Ahmad Nugraha
Rizal Ramli: Optimisme Jokowi Makin Lama Makin Memudar - Headline

Ekonom Senior Rizal Ramli. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ekonom Senior Rizal Ramli mengatakan, optimisme diperlukan baik dalam kehidupan pribadi maupun negara. Presiden Joko Widodo dinilai memang memberikan optimisme luar biasa pada tahun 2014.

Kendati demikian, selama empat tahun, mantan Menko Kemaritiman ini nilai ternyata tebaran optimisme Jokowi makin lama makin memudar. Bahkan dalam banyak hal harapan akan kehidupan yang lebih baik makin memudar.

"Ekonomi stagnan di 5 persen, daya beli rakyat merosot, pengurangan kemiskinan terendah sejak reformasi. Widodo hanya mengurangi 450.000 orang miskin per tahun," ungkap Rizal di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

Bekas Menko Kemaritiman itu lantas membandingkan capaian pemerintahan sekarang dengan masa empat pemerintahan sebelumnya. Di era Presiden Gus Dur, kata Rizal, angka kemiskinan berhasil turun 5,05 juta orang per tahun.

Lalu di masa Presiden Habibie turun 1,5 juta orang per tahun, di masa Megawati turun 570.000 orang per tahun dan di rezim Susilo Bambang Yudhoyono turun 840.000 orang per tahun.

Rizal juga mengatakan rendahnya penurunan kemiskinan masa Jokowi karena garis ekonominya yang meninggalkan Trisakti, terutama karena kebijakan impor yang ugal-ugalan dan penghapusan subsidi listrik 450 VA dan 900 VA.

"Boro-boro kedaulatan pangan tercapai, yang terjadi justru impor ugaI-ugalan yang sangat merugikan petani. Boro-boro kedaulatan keuangan tercapai, yang terjadi justru utang yang semakin besar, dengan yield yang merupakan salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik. Defisit transaksi berjalan 2018 adalah yang terburuk dalam 4,5 tahun terakhir," tandasnya. (jaa)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.