Nasional

Pasar Modern Pertama di Indonesia Habiskan Rp 15,7 Miliar 

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Pasar Modern Pertama di Indonesia Habiskan Rp 15,7 Miliar  - Nasional

KELILING-Presiden RI Joko Widodo di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta (13/3/2019).FOTO: NELLY/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo meresmikan  Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta (13/3/2019). Pasar Ikan Modern Pertama di Indonesia itu diadopsi dari tata kelola pasar modern Tsukiji, yang sudah lama beroperasi di Jepang. 

"Saya melihat pasar modern di Jepang (Tsujiki) sangat bagus, begitu saya tanya bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti) bisa punya seperti ini, dijawab bisa, langsung saya perintahkan segera, makanya sekarang kita punya pasar modern," kata Jokowi saat membuka pasar modern Muara Baru, Rabu (13/3/2019) malam. 

Jokowi didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Ristanto Suanda dan Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo . Presiden Joko Widodo juga sempat membeli ikan yang dijual pedagang ikan yang ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru saat meninjau lokasi. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan menjelaskan ingin pasar  modern ini dikembangkan di seluruh indonesia. "Ini terobosan standar sanitasi seperti arahan presiden (Joko Widodo) seperti Tsujiki Jepang. Pihak Jepang sudah membantu KKP sejak awal proses. Kita dapat ilmu ketelusuran ikan, kualitas ikan telah terjadi di Muara Baru. Meski tidak mudah tapi sudah kita lakukan," katanya. 

Dia juga mengatakan pasar modern mengubah pola hidup para pedagang ikan. "Revolusi mental untuk pedagang ikan terjadi di pasar modern ini, biar mengerti bagaimana kualitas nya terjaga. Di pasar  ini terjadi transaksi perdagangan dalam satu malam 500 ton, diisi 896 lapak ikan basa, 115 kios kering 8 kios display," urai Susi. 

Dia juga menjabarkan banyak fasilitas penunjang seperti foodcourt dan terdiri dari 3 lantai, disediakan lahan untuk pameran. "Di pasar modern ini tidak ada lagi ikan berceceran di lantai. dan becek becek. Kalau sebulan kedepan saya balik lagi becek zan kotor ya berarti gak bagus. Saya bilang kalau becek ya ditenggelamkan," selorohnya sambil disambut tawa para tamu hang hadir. 

Pasar Modern ini menghabiskan APBN  2017-2018 mencapao Rp 15,7 miliar. "Perindo operator pasar sudah memanaj pasar ini sejak pertengahan Februari lalu, sudah diisi  397 pedagang pindah dari pasar lama, perputaran uang sedikitnya Rp 10-12 per harinya," pungkas Susi. (nel)

Berita Terkait

Headline / Presiden Cuitkan Selamat Hari Kartini

Megapolitan / Jokowi Ajak Erick Tohir Naik MRT

Ekonomi / Jokowi Yakinkan Investor, Kondisi Indonesia Aman

Ekonomi / Jokowi Yakinkan Investor, Kondisi Indonesia Aman


Baca Juga !.