Ridwan Kamil Dukung 5 Pasti Umrah

Editor:

INDOPOS.CO.ID - Pameran Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Terdapat lebih dari 60 stand dari Kementerian/Lembaga yang mengikuti gelaran di halaman Gedung Sate tersebut. Pameran ini bertujuan meningkatkan perlindungan terhadap konsumen atas hak-hak mereka.

Melalui tema "Saatnya konsumen Indonesia berdaya" masyarakat diharapkan lebih peduli dengan hak sebagai konsumen baik oleh produsen maupun penyedia jasa layanan. Termasuk layanan publik oleh pemerintah juga harus diketahui oleh masyarakat.

Sebagai salah satu peserta pameran, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengusung tema perlindungan jemaah umrah melalui Gerakan Lima Pasti. Jemaah umrah sebelum mendaftar umrah harus memastikan 5 hal yaitu, perizinan travel, jadwal penerbangan, harga dan paket layanan, hotel, dan visa.

Ridwan Kamil saat berkunjung ke stand PHU juga menyampaikan pesan perlindungan jemaah umrah. Bahkan dia pun sempat berfoto dengan memegang pamflet 5 Pasti Umrah.

"Ada banyak korban penipuan travel umrah di Indonesia terutama Jawa Barat. Kita harus serius mengurus masalah umrah," kata Ridwan Kamil di lokasi pameran halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (19/3/2019).

"Kasihan masyarakat kita yang menjadi korban. Banyak diantara mereka kalangan masyarakat bawah yang berharap bisa ibadah umrah karena menunggu haji belasan tahun," ujarnya menambahkan.
Dia juga mengapresiasi kerja Kementerian Agama melalui gerakan 5 Pasti Umrah. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa Kemenag telah memperkuat regulasi umrah dan meningkatkan pengawasan umrah di Kabupaten/Kota.

Pameran yang dikoordinir oleh Sub Bagian Informasi Haji dan Humas tersebut berlangsung dua hari, 19-20 Maret 2019. Selama pameran, Ditjen PHU juga didukung oleh UPT Asrama Haji Bekasi. Selain memperkenalkan layanan asrama haji kepada masyarakat, UPT Asram Haji Bekasi juga menyediakan berbagai souvenir menarik. (adv)

Berita Lainnya kan

Banner



Twitter