Headline

Harga Tiket Naik, Penumpang di Kualanamu Turun 20 Persen

Redaktur: Nurhayat
Harga Tiket Naik, Penumpang di Kualanamu Turun 20 Persen - Headline

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Kenaikan harga tiket penerbangan berdampak pada penurunan jumlah penumpang, khususnya domestik. Salah satunya terjadi  di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara (Sumut). Di awal tahun 2019, bandara ini mengalami penurunan penumpang sebesar 20 persen.

"Penumpang domestik di Januari dan Februari rata - rata sekitar 16.000 - 17.000 orang per hari atau turun sekitar 20 persen dari biasanya," terang General Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Kualanamu, Bayuh Iswantoro di Medan, Sumut, Kamis (21/3/2019).

Penurunan penumpang domestik dampak kenaikan harga tiket penerbangan.

Walaupun di Maret terjadi peningkatan sedikit atau menjadi 21 ribuan hingga 22 ribuan, ujar Bayuh, tetapi tetap saja lebih rendah dari saat sebelum kenaikan harga tiket pesawat.

"Oleh karena itu Angkasa Pura II mengapresiasi ada acara Medan Great Sale 2019 Kota Medan yang digelar 18 - 31 Maret 2019 dan 1 - 14 Juli 2019.

Medan Great Sale yang memberikan harga diskon untuk hotel, restoran dan lainnya diharapkan menarik minat kunjungan ke Medan dan Sumut secara keseluruhan sehingga penumpang domestik bisa bertambah.

Sekda Provinsi Sumut, Sabrina mengakui, kenaikan harga tiket pesawat sudah berdampak negatif bagi daerah itu.

Menurut dia, bukan hanya membuat wisatawan domestik turun, tetapi memberi andil besar dalam indeks harga konsumen (inflasi/deflasi).

Sumut, ujar Sabrina, memang masih mengalami deflasi di Februari 2019 atau 0, 32 persen, tetapi harga tiket penerbangan masih tetap menjadi sumber inflasi.

"Harusnya harga tiket penerbangan khususnya domestik diturunkan untuk mendukung program pariwisata yang ke depannya juga diharapkan jadi sumber pendapatan," katanya. (ant)

Berita Terkait

Nusantara / Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Deflasi

Banten Raya / Harga Tiket Turun, Klaim Pengunjung Soetta Meningkat


Baca Juga !.