Headline

Begini Perjalanan Karier Politik Almarhum Nazaruddin Kiemas, Adik Ipar Megawati Soekarnoputri

Redaktur: Ahmad Nugraha
Begini Perjalanan Karier Politik Almarhum Nazaruddin Kiemas, Adik Ipar Megawati Soekarnoputri - Headline

Nazaruddin Kiemas semasa hidup.Foto: net

INDOPOS.CO.ID - Duka mendalam tengah menyelimuti keluarga mendiang Nazaruddin Kiemas. Nazar lahir di Kaliurang, Jogjakarta, Selasa, 25 Januari 1949.

Nazarudin merupakan adik dari politikus kawakan Almarhum Taufiq Kiemas yang juga merupakan suami mantan presiden Megawati Soekarnoputri. Ia juga tercatat sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) komisi Energi Sumber Daya Mineral, Riset, Teknologi, Lingkungan Hidup (komisi VII) menjabat sebagai ketua DPD PDIP Sumatera Selatan pada tahun 2004. 

Namun, terpilihnya Nazarudin Kiemas tidak sepenuhnya mendapat sambutan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP. Salah satu hal yang menjadi permasalahaan adalah keputusannya memecat beberapa anggota PDIP Sumatera Selatan yang dinilai tidak loyal terhadap partai. 

Selain itu, Nazarudin yang tidak bertempat tinggal di Sumatera Selatan juga menjadi salah satu alasan tidak setujunya beberapa anggota PDIP atas terpilihnya Nazarudin Kiemas menjadi ketua DPD PDIP Sumsel, padahal salah satu syarat orang bisa menjadi Ketua DPD adalah minimal harus 3 tahun bertempat tinggal di suatu daerah tempat dia memimpin. 

Nazarudin Kiemas terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD PDIP Sumatera Selatan dalam Rakorsus yang berlangsung tertutup. Nazarudin Kiemas terpilih sebagai Ketua DPD PDIP menggantikan Adjis Saip yang dibebastugaskan karena dituduh membangkang instruksi partai pada pemilihan gubernur Sumsel. 

Nazarudin Kiemas juga mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Sumatera Selatan periode 2003-2008, namun tidak berhasil terpilih menjadi gubernur Sumatera Selatan saat itu. Syahrial Oesman yang juga berasal dari Partai PDIP berhasil terpilih sebagai Gubernur Sumatera Selatan periode 2003-2008. (aen)


Karier :

PT. Econa (1974-1977)

PT Nusa COnsultant (1977-1979)

Perum Perumnas (1979-2000)

Anggota DPR RI 1999-2004

Ketua DPD PDIP Sumsel 2004

Anggota Profesi PII

Anggota Profesi IATPI

Pendiri Yayasan Dasanaya

 

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / BREAKING NEWS: Adik Alm Taufik Kiemas Tutup Usia


Baca Juga !.