Lifestyle

Kantongi Sertifikat Halal, Makan Sushi Makin Aman

Redaktur: Sicilia
Kantongi Sertifikat Halal, Makan Sushi Makin Aman - Lifestyle

 AMAN-Makanan Sushi Tei Indonesia yang kini sudah dapat sertifikat halal.Foto: Dewi Maryani/INDOPOS

indopos.co.id - Makanan Jepang mulai populer di lidah masyarakat Indonesia. Namun dengan mayoritas penduduknya yang muslim, tak jarang yang mempertanyakan kehalalan makanan dari negeri matahari terbit itu. Menjawab hal tersebut, Sushi Tei Indonesia, restoran makanan khas Jepang terkemuka di Indonesia, mengumumkan penerimaan sertifikasi halal MUI dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). 

Penyerahan sertifikat halal secara simbolis disampaikan oleh Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, Msi, kepada Direktur PT Sushi Tei Indonesia, Sonny Kurniawan. 

Penyerahan sertifikat halal MUI yang diselenggarakan bersamaan dengan momentum Ramadan 2019, di Sushi Tei cabang Lotte Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, diharapkan dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman para konsumen di Indonesia dalam mengkonsumsi makanan khas Jepang yang disajikan. '

 ”Dengan kondisi Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, Sushi Tei menyadari pentingnya sertifikasi halal untuk setiap makanan yang disajikan. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami ingin menginformasikan kepada masyarakat Indonesia bahwa seluruh outlet Sushi Tei di Indonesia sudah bersertifikasi halal.'' ujar Sonny Kurniawan selaku Direktur PT Sushi Tei Indonesia.

Sementara itu, Direktur LP POM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si menyatakan, proses sertifikasi halal untuk restoran membutuhkan komitmen dan kesungguh-sungguhan dari dari pihak perusahaan. Sebab, perusahaan harus mendaftarkan seluruh bahan yang dipakai tanpa terkecuali.

Bahan tersebut akan diperiksa satu demi satu oleh auditor LPPOM MUI, sebelum akhirnya disampaikan kepada Komisi Fatwa MUI untuk dilakukan pembahasan dari sisi hukum Islam. ''Alhamdulillah, pada rapat komisi fatwa yang berlangsung pada 23 April 2019 lalu, Sushi Tei dinyatakan lolos dan berhak menerima sertifikat halal MUI, dengan status SJH tertinggi yaitu kategori A,'' ujarnya.

Dengan mendapatkan sertifikat halal ini, kedepannya masyarakat Indonesia tidak lagi ragu untuk mengkonsumsi makanan khas Jepang di setiap cabang Sushi Tei di Indonesia yang sudah tersebar di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Bali, Makasar, Yogyakarta, Pekanbaru, Batam dan Palembang.

Dalam pengajuan  permohonan sertifikasi halal untuk Sushi Tei, LPPOM MUI telah melakukan pemeriksaan terhadap 1 HQ, 45 outlet, 4 central kitchen, 6 warehouse, serta sebanyak 873 menu. Kesemuanya telah dinyatakan halal oleh Komisi Fatwa MUI. 

Untuk menu ramadan sendiri, pihaknya menghadirkan menu Minazuki yang terdiri dari ramen hingga sushi. ''Untuk ramadan kami menghadirkan makanan-makanan yang enak disantap saat buka puasa,'' kata GM Operation Sushi Tei Yanuar Triansyah.

Misalnya ramen aburi salmon uni ikura yang berisi salmon sushi, spicy mayo, uni, kulit salmon. Ada juga Gyunasu don yakni nasi diatasnya ada terong yang di saute, spicy beef. Pecinta keju bisa jajal ebi katsu don yang terdiri dari nasi, udang katsu dan dilumuri keju. Selain itu ada Ebi furay, Yakimen, Goma kara ramen. ''Total ada sembilan menu. Harga semua sama hanya Rp 58 ribu,'' pungkasnya. (dew)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Nyai Rasa Resto, Sajikan Makanan Modern dan Tradisional

Nusantara / Mudik ke Cirebon, Ini Keungulan Kuliner dan Tempat Wisatanya

Lifestyle / Mau Menu Sahur yang Bergizi, Coba Menu ini

Lifestyle / Perut Kenyang, Medsos pun Senang


Baca Juga !.