Lifestyle

Minum Air Putih Saat Makan Bisa Lancarkan Pencernaan

Redaktur: Ali Rahman
Minum Air Putih Saat Makan Bisa Lancarkan Pencernaan - Lifestyle

Ilustrasi

indopos.co.id - Pernahkah Anda mendengar orang menyarankan Anda untuk tidak minum air selama makan? Anggapan umum bahwa minum air putih selama makan bisa mematikan api pencernaan (agni) dan dapat menyebabkan masalah perut, ternyata tidak benar.

Pakar kesehatan menyarankan bahwa seseorang harus minum air selama makan karena dapat membantu membuat proses pencernaan lebih halus dan lebih baik. Air adalah salah satu unsur utama yang harus dikonsumsi secara teratur di siang hari agar tubuh tetap terhidrasi dan feses juga melunak. Itu bisa juga disebut sebagai bantuan pencernaan.

Menurut Pelatih Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora, minum air di sela waktu makan itu baik-baik saja. Namun, hindari minum mendekati waktu makan. Tubuh kita mengahasilkan enzim dan cairan lambung, cairan pankreas dan bahan kimia lain untuk mencerna makanan.

Minum air sebelum makan akan mencairkan enzim pencernaan dan cairan yang mengarah pada gangguan pencernaan dan pemanfaatan nutrisi yang tidak benar. Konsumsi salad mentah dan cuka sari apel sebelum makan adalah ide bagus untuk mengalirkan cairan dan memperbaiki pencernaan.

“Kita bisa minum air saat makan, tetapi sebaiknya tidak pada sebelum dan sesudah makan. Hal ini bisa mencairkan cairan pencernaan kita dan dapat menunda atau mengganggu pencernaan,” kata pakar Ayuverdic, Dr. Ashutosh Gautam seperti dilansir NDTV.

Mengkonsumsi air ketika makan dapat mencairkan empedu dan asam lambung yang diperlukan untuk memecah dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Selain itu, hal ini juga dapat membantu perut anda mencairkan makanan yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Lebih lanjut lagi, konsumsi air saat makan dapat mencegah sembelit dan kembung dengan melunakkan feses. Bahkan, hal itu dapat membantu anda lebih cepat kenyang dan membuat anda beristirahat saat makan dan memperlambat makan anda. Ingat, otak membutuhkan waktu untuk mencerna bahwa anda sudah makan cukup.

Cobalah minum air hangat dari pada air dingin karena dapat membantu mempermudah proses pencernaan agar lebih baik. Minum air putih selama makan bukan berarti anda menelan satu gelas air sekaligus. Itu berarti hanya menyesap sedikit air selama makan dan tidak lebih dari satu gelas air. (fay)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Begini Lho Pola Minum Air selama Ramadan


Baca Juga !.