Megapolitan

Rajin Sidak, Lihat Kondisi Nyata Sekolah

Redaktur:
Rajin Sidak, Lihat Kondisi Nyata Sekolah - Megapolitan

Holil Badawi. Foto///yasril chaniago/indopos

indopos.co.id - Sementara itu, guna memastikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berjalan baik dan tingkat kehadiran peserta didik, guru dan kepala sekolah tepat waktu, kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Dinas Pendidkan dan kebudayaan (Dindkibud) Banten, Holil Badawi kerap melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Tapi uniknya, sidak ke sejumlah SMA/SMK negeri yang ada di wilayahnya sebanyak dua kali seminggu itu dengan cara tidak resmi atau diam-diam. ”Tujuan sidak, selain ingin melihat dari dekat kondisi sekolah, proses KBM, sekaligus melihat kedisiplinan guru dan kepala sekolah,” terangnya kepada INDOPOS, Rabu (22/5/2019).

Holil mengaku, kendati dia kerap menemui guru yang kurang disipiln saat sidak, namun dia tidak menegur langsung guru tersebut di sekolah. ”Guru atau kepsek saya panggil baik-baik ke kantor KCD. Saya ajak bicara dari hati ke hati. Ada masalah apa?,” paparnya.

”Kalau saya tegur langsung di sekolah dan disaksikan teman-temannya, guru itu mungkin akan malu dan takut. Saya tidak ingin mempermalukan namun memberikan pengertian tugas dan tanggungjawab dia sebagai guru tanpa disaksikan teman dan kepseknya, ” tutur mantan kepala KCD Pendidikan Serang Raya ini.

Selain itu, saat sidak Holil mengaku kerap masuk ke ruang kelas karena ingin tahu apa output yang diinginkan siswa demi kemajuan dunia penddikan Banten. ”Dalam membuat kebijakan, saya selalu sesuai dengan yang diinginkan siswa dan masyarakat. Dengan begitu setiap kebijakan yang saya ambil bukanlah lagi bersifat top down namun bottom up,” cetusnya.   

Selain rajin sidak, Holil juga menggagas penghijauan di seluruh sekolah SMA/SMK negeri di Pandegang. Dia meminta agar kepala sekolah memanfaatkan lahan kosong di sekolah untuk penghijauan dan apotik hidup dengan menanam sayuran dan palawija.  

Dia memulai kegiatan menanam tanaman produktif itu di lahan kosong yang ada di kantor KCD Pandeglang yang terletak di Jalan Raya Lintas Timur KM 4, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang. ”Tujuan saya meminta setiap sekolah memanfaatkan lahan kosong untuk program adiwiyata. Saya lalu memberi contoh,” katanya lagi.

Keinginan itu, agar sekolah SMA/SMK negeri di Kabupaten Pandeglang hijau. Itu pernah dia terapkan saat menjadi kepala KCD Pendidikan Serang Raya. ”Alhamdulilah, SMA dan SMK negeri di Serang yang dulu memanfaatkan lahan kosong kini sudah hijau dengan berbagai pepohonan dan tanaman produktif,” tukasnya. (yas)     

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Belum Bayar Rp 1,2 Juta, Ijazah Siswa SMP Ditahan

Megapolitan / Tiga Siswa Berlaga di Olimpiade Sains Internasional

Megapolitan / Sekolah Pencetak Pelaut Andal

Megapolitan / Sisihkan Ratusan Pelajar Asing, Diundang ke Amerika 

Megapolitan / Sediakan Beasiswa Bagi Lulusan SMA

Megapolitan / Wujudkan Siswa Berakhlakul Karimah


Baca Juga !.