Lifestyle

Kenali Perbedaan Intoleransi Telur dan Alergi Telur

Redaktur: Ali Rahman
Kenali Perbedaan Intoleransi Telur dan Alergi Telur - Lifestyle

Intoleransi telur berbeda dengan alergi telur.

indopos.co.id - Intoleransi telur adalah reaksi negatif yang tidak membahayakan dalam mengkonsumsi telur. Anda mungkin memiliki intoleransi terhadap putih telur, kuning telur, atau keduanya. Intoleransi semacam itu paling sering menyebabkan gangguan pencernaan, seperti perut kembung atau diare.

Dalam beberapa kasus, intoleransi dapat berlangsung selama bertahun-tahun, sementara yang lain memiliki masalah dengan telur seumur hidup. Hal ini juga dapat terjadi pada semua usia. Berkonsultasilah dengan dokter jika anda atau anak anda memiliki kepekaan terhadap telur.

Intoleransi telur berbeda dari alergi telur, yang disebabkan oleh reaksi kekebalan terhadap protein telur.

Alergi telur membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan menyerang zat-zat yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh anda. Tepat setelah makan telur, anda mungkin melihat gejala seperti ruam gatal dan bengkak, terutama di sekitar wajah dan tenggorokan. Alergi telur yang parah dapat memicu reaksi alergi parah yang disebut anafilaksis, yang merupakan yang dapat menghentikan pernapasan dan kesadaran.

Intoleransi telur tidak menyebabkan gejala alergi atau anafilaksis. Anda bisa mengetahuinya berdasarkan gejala yang anda alami setelah memakannya. Gejala intoleransi telur terutama memengaruhi sistem pencernaan seperti sakit perut atau kembung, kram, diare, mual atau muntah. Anda juga mungkinakan merasakan sakit kepala. Gejala alergi makanan terjadi secara langsung, sementara intoleransi dapat terjadi hingga beberapa jam atau hari kemudian.

Perawatan intoleransi telur yang paling efektif adalah menghindari konsumsi telur. Selain telur utuh, sebaiknya anda juga menghindari makanan yang mengandung telur.

Memiliki intoleransi telur tidak berarti anda akan alergi terhadap telur. Selain dari gejala yang dialami setelah makan telur, ada juga risiko kehilangan nutrisi penting yang disediakan telur seperti kolin, lutein, asam lemak omega-3, protein, selenium, dan vitamin D.

Di sisi lain, alergi telur jauh lebih berbahaya. Inilah mengapa penting untuk memastikan apakah anda memiliki intoleransi telur atau alergi, kalau-kalau anda tidak sengaja mengonsumsi telur dan produk yang mengandung telur. (fay)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.