Lifestyle

Yuk, Ajari Anak jadi Pengusaha 

Redaktur: Novita Amelilawaty
Yuk, Ajari Anak jadi Pengusaha  - Lifestyle

Anak-anak sejak dini dilatih menciptakan usaha, bermitra, dan menghargai uang melalui Hari Berbisnis di Sekolah HighScope Indonesia, Bintaro. Foto: Novita Amelilawty/ INDOPOS

indopos.co.id - Banyak cara untuk mengajarkan anak menjadi entrepreneur atau pengusaha. Salah satunya dengan belajar menjadi penjual di Hari Berbisnis (Bussines Day) di sekolah HighScope Indonesia.


“Hari Berbisnis, bussines day, hari dimana anak-anak berjualan aneka makanan dan minuman serta kerajinan tangan mereka. Pembelinya adalah orangtua, dan teman-teman anak-anak sendiri,” jelas Miss Rikalin, salah satu guru di kelas 2-3 A Sekolah HighScope Indonesia Bintaro, Selasa (18/6/2019). 


Dia menyebutkan Hari Berbisnis digelar setiap tahun di sekolah. Tujuannya melatih anak menjadi pengusaha sejak kecil, melatih anak mengikuti semua proses berjualan. Mulai dari memilih jenis usaha yang akan dilakukan, membuat proposal mencari mitra kerja dalam hal ini orangtua, sampai meminta modal ke Pemerintah (sekolah) melalui presentasi usaha. 


Hari Berbisnis diikuti seluruh anak-anak SD hingga SMP. Yang dijual berupa barang dan jasa macam kerajinan tangan tas dari jins bekas, tempat pensil, hingga makanan dan minuman. Ada juga menjual jasa macam semir sepatu, refleksi kaki, dan lainnya. Penjualnya adalah anak-anak dibantu guru kelas dan pembelinya adalah para orangtua dan teman sendiri. Hari Berbisnis merupakan aplikasi mata pelajaran yang diterima di kelas. (vit)



Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Jakarta Berkontribusi pada Inflasi Nasional

Ekonomi / Dikuasasi Segelintir Orang, UMKM Terancam Kehilangan Pasar

Ekonomi / Korea Lakukan Pendampingan UMKM


Baca Juga !.