Lifestyle

Menghabiskan 2 Jam Per Minggu di Alam Sangat Baik untuk Kesehatan

Redaktur: Ali Rahman
Menghabiskan 2 Jam Per Minggu di Alam Sangat Baik untuk Kesehatan - Lifestyle

Menghabiskan waktu selama minimal dua jam per minggu di alam sangat baik untuk kesehatan.

indopos.co.id - Siapapun yang melihat seorang anak berlari dengan bebas di hutan atau bermain di sungai tidak membutuhkan penelitian apapun untuk memberitahu mereka bahwa menghabiskan waktu di alam sangatlah baik untuk anak-anak.

“Ini adalah hal yang diketahui orang tua secara intuitif. Ketika anak-anak memiliki kesempatan untuk bebas bermain di alam, mereka lebih bahagia, berperilaku lebih baik, dan lebih terhubung secara sosial,” kata Carolyn Schuyler, pendiri dan direktur eksekutif Wildrock, pusat permainan dan penemuan alam di Virginia.

Kebanyakan orang dewasa tahu bahwa alam juga baik untuk mereka, karena itulah kita seringkali berlibur ke tempat yang indah dan alami. Tetapi seberapa banyak waktu di alam yang sebenarnya kita butuhkan untuk menjadi lebih sehat?

Sebuah kelompok yang dipimpin oleh para peneliti Inggris mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Mereka menggambarkannya sebagai langkah pertama untuk menghasilkan versi alami dari pedoman latihan fisik nasional.

Dalam studi yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, para peneliti memeriksa lebih dari 19 ribu orang di Inggris tentang waktu rekreasi yang mereka habiskan di alam selama seminggu teakhir, bersama dengan laporan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Mereka menemukan bahwa orang yang menghabiskan setidaknya 120 menit seminggu di alam akan melihat peningkatan pada kesehatan mental dan fisik mereka, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menghabiskan waktu di alam.

Para peneliti mengatakan bahwa ukuran manfaat kesehatan itu serupa dengan apa yang orang dapatkan dengan memenuhi pedoman latihan fisik. Namun, manfaatnya terbilang cukup kecil, hanya memiliki 1 persen perbedaan antara tingkatan waktu yang dihabiskan di alam.

Meskipun tidak ada masalah tentang bagaimana atau di mana orang akan menghabiskan 120 menit per minggu, karena banyak berjalan kaki di dekat rumah sama efektifnya dengan mendaki di sebuah taman pada akhir pekan.

Para peneliti menunjukkan bahwa ini hanyalah langkah pertama untuk direkomendasikan, agar orang menghabiskan waktu tertentu setiap minggu di alam. Meskipun penelitian lain menunjukkan bahwa kunjungan singkat di alam dapat memberikan manfaat kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, terlihat adanya peningkatan kepercayaan diri dan suasana hati pada orang-orang yang berolahraga selama lima menit di alam. Schuyler melihat transformasi cepat semacam ini di Wildrock, bahkan diantara orang dewasa dengan pekerjaan yang membuat tertekan.

“Setelah satu jam berada di alam, mereka tertawa, mencari makan, dan mengumpulkan berbagai hal layaknya seorang anak berusia 5 tahun,” kata Schuyler.

Beberapa manfaat kesehatan dari alam adalah karena orang mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik ketika mereka berada di luar. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa meski hanya duduk diam di alam, seperti pemandian hutan di Jepang, dapat meningkatkan kesehatan.

Patricia H Hasbach, PhD, seorang psikoterapis dan ekoterapis berlisensi di Eugene, Oregon, mengatakan bahwa alam juga memberikan kita istirahat dari jam-jam pengarah perhatian yang melelahkan secara mental seperti waktu yang dihabiskan untuk fokus pada pekerjaan, dan layar komputer kita, dan juga mengemudi.

“Ketika seseorang menyelang waktu pengarah perhatian mereka dengan waktu singkat di luar ruangan, orang-orang itu cenderung membiarkan pikiran mereka tidak terarah,” katanya. “Hal ini akan sangat menyegarkan mereka sebelum kembali pada kegiatan pengarah perhatian mereka,” tambah Hasbach.

Namun, manfaat ini hanya bisa didapatkan jika anda meletakkan smartphone anda dan memberikan perhatian penuh pada alam, baik itu pemandangan Grand Canyon yang menakjubkan, ataupun pohon-pohon di dekat tempat tinggal anda.

“Jika anda memasuki sebuah hubungan dengan pohon di trotoar dengan sadar dan disengaja, seperti menghirup udara dalam-dalam di bawah kanopi pohon, anda akan mendapat manfaat yang jauh lebih besar dari ineraksi itu,” kata Jessica Moutenot-Small, MA, MFT, seorang psikoterapis di Charlottesville, Virginia.

Mungkin ada alasan yang lebih kuno mengapa alam dapat menyembuhkan. Berada di dalam ruangan hampir sepanjang hari dan melihat komputer atau smartphone adalah kegiatan yang relatif baru bagi manusia dan leluhur kita, terutama dibandingkan dengan jutaan tahun yang kita habiskan di luar.

“Kita berevolusi di alam,” kata Schuyler. “Hal ini sangat masuk akal, karena memang seperti itulah manusia berevolusi, bahwa kita adalah bagian dari alam, dan bahwa kita akan melakukan yang lebih baik jika kita tidak menjauh darinya,” tambahnya. (fay)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Kulit Berjerawat Baiknya Jangan di-‘Filler’

Lifestyle / Makan Mi Instan Tak Baik Buat Kesehatan, Ini Alasannya

Lifestyle / Diet Genetik Menyehatkan Tubuh dengan Waktu Singkat

Lifestyle / Jus Kale Cocok Buat Penderita Diabetes 

Lifestyle / Ternyata Biji Pepaya dan Propolis Bisa Mencegah Bau Mulut 


Baca Juga !.