Nasional

Satgas Zonasi Pendidikan untuk Bantu Pemerintah Daerah

Redaktur: Darul Fatah
Satgas Zonasi Pendidikan untuk Bantu Pemerintah Daerah - Nasional

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Kebijakan zonasi pendidikan merupakan kebijakan penetapan wilayah layanan pendidikan. Dengan acuan titik lokasi satuan pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Metode ini menggunakan radius terdekat. Dengan titik pusat zona pada masing-masing jenjang pendidikan yang memenuhi akreditasi A atau B di atas rata-rata nasional. Sebelumnya, Kemendikbud telah memetakan sebanyak 2.580 zona di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, pembentukan satgas bertujuan  membantu pemda mengimplementasikan kebijakan zonasi di daerah. Sehingga, penentuan wilayah layanan pendidikan atau zona akan berdasarkan zona yang sudah ditetapkan oleh Pemda. "Kita ikuti zona yang digunakan oleh provinsi, itu yang akan kita pakai. Dan itu yang sudah digunakan PPDB, itu yang kita pakai. Kalau tahun depan, zona itu bisa direvisi lagi," ujar dia.

Menurut Didik, zona layanan pendidikan akan berdasarkan pembagian yang telah ditentukan di dalam Surat Keterangan (SK) Pemda. Yakni Dinas Pendidikan dan SK Gubernur. "Ini yang dipergunakan (zona) adalah yang sudah di SK-kan oleh Dinas Pendidikan dan SK Gubernur. Dalam monitoring akan dianalisis sesuai dengan Peraturan Menteri, termasuk peran sekolah swasta," pungkas dia. (dai)

Baca Juga


Berita Terkait

Banten Raya / Pendaftar Membludak, SMAN 1 Petir di Kabupaten Serang Butuh RKB

Headline / Tegaskan Tidak Ada Perpeloncoan Murid Baru di Sekolah

Headline / Pengamat Minta Hindari Dua Kementerian dari Kader Partai

Lifestyle / Mau Anak Pede di Hari Pertama Sekolah? Coba Tips ini

Nasional / Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan

Nasional / Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan


Baca Juga !.