Megapolitan

Cegah Kekeringan di Hutan Kota

Redaktur: Darul Fatah
Cegah Kekeringan di Hutan Kota - Megapolitan

foto; net

indopos.co.id - Hutan Kota Srengseng (HKS), Kembangan, Jakarta Barat, mengandalkan air dari waduk untuk mengairi belasan ribu pohon selama musim kemarau. Air dari waduk disedot menggunakan mesin pompa bertenaga diesel. Lalu ditampung ke tangki dan dialirkan ke seluruh areal hutan yang ditanami pohon, serta berbagai jenis tanaman bunga.

Ujang, petugas Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengatakan, cara itu ditempuh karena selama musim kemarau nyaris tak ada hujan turun selama 10 hari terakhir di Kembangan. "Cuma kemarin, sempat gerimis di sini," kata Ujang di Hutan Kota Srengseng, Rabu (10/7/2019).

Kendati demikian, hujan berintensitas rendah atau gerimis masih terjadi. Akan tetapi, kurang optimal mengairi 11.534 pohon yang ada di Hutan Kota Srengseng. Cara pengairan dengan menyedot air dari waduk jadi cara paling efektif untuk mencegah tumbuhan kekurangan air dan mati.

Di lokasi, terlihat pepohonan belum meranggas, ditandai dengan daun yang masih hijau dan belum mengering. Namun, di beberapa areal hutan, tanah terlihat retak dan kering. Setidaknya, ada sekitar 65 jenis pohon yang mendiami hutan. Di antaranya Mahoni, Akasia, Ketapang, Flamboyan, dan Jati, Lamtoro, dan Bintaro.

Sementara itu, terdapat juga satwa liar yang menghuni hutan. Antara lain, burung air raja udang (Halyon chloris), burung emprit (Longchura sp), kadal (Mabuai sp), biawak (Varanus salvator), ular tanah, ular air, tikus (Raffus sp), katak, kupu- kupu kuning, belalang, gangsir dan orong-orong. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / Laundry Asal Jakarta Raih Juara IBPLA 2019

Daerah / Polisi Lokalisir Warga Kampung Register 45 Mekarjaya

Daerah / Waduh! Tiga Orang Tewas Setelah Tawuran Antar Kampung

Ekonomi / Hino Safety Driving Competition Masuki Babak Grand Final

Ekonomi / Bank KEB Hana Resmi Jadi Bank RDN

Lifestyle / Diperiksa Penyidik, Berikut Pengakuan Barbie Kumalasari


Baca Juga !.