Polri Bersiaga Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Polri Bersiaga Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 - polisi 1 - www.indopos.co.id

Ilustrasi - Personel Polri tengah melaksanakan apel. Foto: Dok NTMC Polri

INDOPOS.CO.ID – Ratusan ribu personel polisi akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan saat perayaan Natal dan malam pergantian tahun baru 2024. Tentu akan dibantu oleh stakeholder terkait.

Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, pengamanan momen perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilakukan dalam Operasi Lilin pada 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Polri dalam hal ini menerjunkan sebanyak 129.923 personil dalam rangka pengamanan nataru ini. Ini terdiri dari Polri, TNI dan stekholder terkait,” kata Eddy Djunaedi saat jumpa pers secara virtual di Jakarta dikutip, Sabtu (16/12/2023).

Pengamanan Nataru 2022 sangat penting untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang akan melakukan ibadah atau liburan saat libur Nataru.

Polri dan TNI Polri telah menyiapkan sarana prasarana dan langkah-langkah dalam pengamanan tersebut. “Kita juga melakukan, mendirikan pos-pos pengamanan, yaitu sebanyak 1.748 lokasi pos pengamanan,” ujar Eddy.

Adapun rinciannya yaitu, pos pelayanan sebanyak 740 dan pos terpadu sebanyak 212 yang ada di titik-titik lokasi di seluruh Indonesia.

Rekayasa lalu lintas juga disiapkan agar pengamanan Nataru berjalan lancar. Terbagi dalam tiga skema yakni normal, padat dan sangat padat.

Skema normal, masih melakukan kegiatan-kegiatan pada pola pengaturan dan penjagaan dengan pengelolaan yang lebih awal.

Sementara, skema padat dilakukan pengalihan arus dan pembatasan kendaraan sumbu tiga dan lain sebagainya. Sedangkan skema sangat padat dilakukan rekayasa buka tutup, baik di jalur tol maupun arah keluar arteri. (dan)

Exit mobile version