Bea Cukai Yakini Sinergi Antarlembaga Dapat Tingkatkan Kinerja Lembaga Negara

bc2

Bea Cukai berkomitmen untuk menjalin kerja sama dan sinergi yang kuat dengan berbagai kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah guna meningkatkan kinerja pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai tiap tahunnya. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Bea Cukai berkomitmen untuk menjalin kerja sama dan sinergi yang kuat dengan berbagai kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah guna meningkatkan kinerja pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai tiap tahunnya. Sesuai tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai instansi kepabeanan yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan penerimaan negara sekaligus melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya ke Indonesia, Bea Cukai menggandeng berbagai lembaga dalam membantu mengoptimalkan pelaksanaan tugas di lapangan.

Kepala Sub Direktorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menilai sudah sepatutnya seluruh sumber daya yang ada di setiap lembaga bahu-membahu dalam peningkatan kinerja, terlebih di masa pandemi ini.

“Perlu dipahami bahwa sinergi sesungguhnya bisa berjalan dengan baik jika setiap lembaga telah memiliki dan menjalankan tugasnya masing-masing, dan berkolaborasi untuk menghilangkan egosentrisme yang ada. Tujuannya, agar dapat memberikan pelayanan publik yang baik dan dapat menyelesaikan permasalahan, khususnya yang terjadi karena pandemi. Hal ini pun sesuai dengan amanat Presiden Jokowi yang menekankan bahwa sinergi adalah salah satu elemen utama untuk bisa gesit merespons perubahan yang terjadi,” katanya, Kamis (10/2).

Hatta menyebutkan beberapa kantor pelayanan Bea Cukai, seperti Bea Cukai Malang, Bea Cukai Ambon, dan Bea Cukai Kotabaru telah menjalin sinergi antarlembaga dengan menerima kunjungan dari instansi lain dan menggelar diskusi untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan pengawasan.

“Seperti Bea Cukai Malang yang menerima kunjungan Komandan Batalyon Komando 464 Paskhas Nanggala, Mayor Pas Puthut HM., M.Han. di awal Februari lalu. Selain bersilaturahmi, kedua pihak juga saling menguatkan komitmen dan tekadnya untuk terus memberi manfaat kepada masyarakat, khususnya di wilayah Malang Raya sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” ujarnya.

Kunjungan serupa juga diterima Bea Cukai Ambon yang menyambut kedatangan Komandan Polisi Militer Lantamal IX Ambon, Letkol Laut (PM) Raka Momon Saputra A.Pi., S.H., M.Krim., M.Tr.Opsla. dalam rangka mempererat sinergi. Tak hanya itu, kunjungan PT Pelindo III Cabang Kotabaru yang diterima Bea Cukai Kotabaru juga menjadi ajang koordinasi dan sinergi pelaksanaan tugas kedua pihak.

“Pada pertemuan tersebut, kedua pihak menandatangani pakta integritas bersama yang memuat beberapa poin penting dalam pelayanan prima yang melibatkan seluruh stakeholders di lingkungan kerja pelabuhan. Semoga dengan penandatanganan pakta integritas bersama antarsatuan kerja di lingkungan pelabuhan tersebut dapat mewujudkan pelayanan publik yang semakin bersih, transparan, dan profesional,” ujar Hatta.

Hatta menambahkan, pihaknya berharap sinergi yang telah terjalin baik dengan berbagai lembaga pemerintah lainnya tidak sekadar ungkapan komitmen atau pernyataan tiap-tiap pihak.

“Sinergi yang telah digaungkan ini butuh diterjemahkan dalam kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat dan diwujudkan dengan kinerja pelayanan dan pengawasan yang semakin baik. Peran masyarakat untuk terus mengawal kinerja lembaga negara pun penting, agar kami tetap on track dan menjalankan tugas dengan baik,” tutupnya. (ipo)

Exit mobile version