Gunakan Produk Dalam Negeri, Dukung Kebangkitan UMKM di Era Digital

Batik

Pameran produk UMKM

INDOPOS.CO.ID – Menggunakan produk dalam negeri telah membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bangkit di era digitalisasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam keterangan, Sabtu (12/2/2022). Ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan membeli karya kreatif dalam negeri dan produk etnik warisan nenek moyang Indonesia.

“Ayo kita promosikan produk-produk dari para ibu-ibu, inang-inang, mamak-mamak dari daerah Jawa, Sumatera, dan Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Menurut dia, promosi karya kreatif buatan dalam negeri bisa mendorong industri kreatif nasional melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Dan ini menjadi titik penting bagi kebangkitan UMKM.

“Kita bisa membeli dan memakai produk UMKM seperti tenun peninggalan nenek moyang,” katanya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, keberadaan perajin dan pelaku UMKM bisa menjadi pengungkit kebangkitan perekonomian Indonesia pascapandemi Covid-19. “Mudah-mudahan sudah menjelang akhir pandemi Covid-19, para UMKM bisa bangkit lagi,” ungkapnya.

Ia menegaskan, saat ini fondasi ekonomi nasional ditopang dengan aktivitas UMKM yang menjadi penyumbang besar 60 persen dari GDP nasional. Oleh karena itu, Pemerintah memberikan perhatian serius pengembangan pelaku UMKM.

“Pemerintah tentu akan mendukung dan mendorong kegiatan pameran produk dalam negeri,” ujarnya.(nas)

Exit mobile version