Jadi Tren di Masyarakat, Begini Cara Perawatan Baterai Motor Listrik Tetap Awet

motor-listrik

ilustrasi motor listrik Foto: Kemenperin untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Motor listrik menjadi tren di masyarakat. Dan Selis menjadi satu dari tiga brand motor listrik mendapatkan bantuan dari pemerintah. Salah satu syarat motor listrik yang diberikan bantuan subsidi adalah memiliki kandungan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 40 persen.

Pemerintah memberikan bantuan bantuan atau subsidi senilai Rp7 juta per motor listrik kepada 200.000 unit motor mulai 20 Maret 2023 lalu.

“Tidak hanya motor listrik dan sepeda listrik Selis juga menghadirkan kendaraan yang dioptimasi sesuai dengan berbagai macam kebutuhan, seperti becak listrik, bajaj listrik, dan juga sepeda listrik,” ungkap Marketing Manager PT Selis Retail Indonesia Imam Subari dalam keterangan, Rabu (26/4/2023).

Dengan keberagaman kendaraan listrik tersebut, menurut dia, masyarakat bisa menggunakannya untuk berdagang dan berbisnis. Pada kesempatan yang sama, ia mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kendaraan listrik.

Seperti, lanjut dia, tidak membiarkan baterai kosong. Karena, baterai merupakan sumber energi untuk dinamo penggerak roda.

“Jangan membiarkan baterai motor listrik kosong, karena akan mengakibatkan kinerja motor akan menurun dan motor akan rentan rusak,” katanya.

“Pada motor konvensional sama halnya pada bahan bakar minyak (BBM), mesin akan mati jika bensin kosong/habis,” imbuhnya.

Menurut dia, segera lakukan pengisian daya baterai jika indikator baterai sudah menunjukkan 25 persen atau menyisakan satu bar. Hal ini juga akan membantu untuk memperpanjang umur pemakaian baterai.

“Jangan biarkan baterai benar-benar habis agar kamu bisa sampai tujuan dengan nyaman,” ujarnya.

“Lakukan pengisian daya secara rutin, meski dalam keadaan mati, motor listrik tetap menggunakan baterai untuk beberapa fungsi, seperti alarm,” imbuhnya.

Ia menyebut, cara mengisi baterai motor listrik Selis bisa dilakukan di rumah dengan kapasitas listrik 900 VA. Karena tidak memerlukan tegangan yang terlalu besar.

“Jangan lupa langsung cabut baterai ketika daya baterai sudah terisi full/penuh,” katanya. (nas)

Exit mobile version