Dukung Target Indonesia untuk Penurunan Emisi, Ini Langkah METI

Dukung Target Indonesia untuk Penurunan Emisi, Ini Langkah METI - meti - www.indopos.co.id

Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) Wiluyo Kusdwiharto, dalam konferensi pers The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 dengan topik ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emissions 2060’, di Jakarta, Rabu (5/7/2023). Foto: Dokumen METI

INDOPOS.CO.ID – Sepekan menjelang penyelenggaraan Indonesia EBTKE ConEx 2023 pada 12-14 Juli 2023, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) siap mendukung target Pemerintah Indonesia dalam mencapai penurunan emisi 31 persen pada 2030.

“Penggunaan energi terbarukan dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap sumber energi fosil yang terbatas, membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, serta menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Ketua Umum METI, Wiluyo Kusdwiharto, dalam konferensi pers The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 dengan topik ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emissions 2060’, di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Dalam hal ini, METI memandang perlu adanya komitmen yang lebih kuat dari pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung industri energi terbarukan.

Ketua Steering Committee Indonesia EBTKE ConEx 2023, Eka Satria menambahkan, ada beberapa alasan penyelenggaran Indonesia EBTKE ConEx 2023 menjadi sangat penting, pertama untuk mendukung transisi menuju energi bersih.

“Kedua, peluang investasi. Pameran ini memberikan kesempatan bagi pelaku industri energi terbarukan, investor dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjalin hubungan bisnis dan menjajaki peluang investasi di sektor energi terbarukan di Indonesia,” kata Eka.

Ketiga, pameran ini menjadi ajang untuk berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, industri, akademisi dan masyarakat, untuk berinteraksi, berbagi pengetahuan dan membangun kemitraan strategis.

Direktur Dyandra Promosindo, Michael Bayu A Sumarijanto menjelaskan, ajang ini akan menghadirkan konferensi, special sessions, youth programs, pelatihan, podcast, business matching dan business presentation, focus group discussion, showcase corner, green job fair, greentech/cleantech startup, dan pameran tentang teknologi, kebijakan, dan praktik-praktik solusi terkait energi bersih berkelanjutan.

“Selama rangkaian penyelenggaraan, ada program vokasi yang didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Bincang-bincang (talkshow) dengan pelaku startup di sektor energi terbarukan, maupun sesi berbagi oleh para pakar di bidang masing-masing,” beber Michael.

Selain dijadwalkan dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Menteri ESDM Arifin Tasrif, beberapa pembicara yang hadir berpartisipasi di ajang Indonesia EBTKE ConEx 2023 adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yulianti, serta influencer Cinta Laura. (rmn)

Exit mobile version