INDOPOS.CO.ID – Geliat industri franchise pasca Pandemi bisa dibilang semakin kencang dan mentereng. Dari data laporan Franchising Economic Outlook tahun 2023 disebutkan bahwa bisnis franchise akan memiliki tambahan penyerapan lapangan kerja sekitar 254.000 pada tahun 2023.
Menariknya, angka tersebut masih bisa bertambah dengan adanya proyeksi pertumbuhan industri sebesar 3 persen di tahun berikutnya sehingga total lapangan kerja dalam industri waralaba, diprediksi akan mencapai 8,7 juta. Hal itu tentu dinilai mampu membawa peran penting dalam meningkatkan kemandirian ekonomi nasional.
Sejalan dengan data di atas, saat ini memang banyak bisnis franchise tumbuh di berbagai kota di Indonesia. “Fenomena ini tentu saja cukup membanggakan bagi kita semua, karena ini membuktikan bahwa minat kewirausahaan tumbuh dan membesar di tengah masyarakat,” seru Rofian Akbar, Pemimpin Redaksi majalahfranchise.com.
Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia mengatakan bahwa potensi industri Franchise di Indonesia sangat besar jika dibandingkan negara lain. Katanya, Indonesia memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adanya konsumsi domestik yang begitu tinggi. Itulah sebabnya mengapa ekonomi Indonesia bisa bertahan jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sangat bergantung pada ekspor.
Keunggulan dari sisi konsumsi domestik itu diharapkan dapat menumbuhkan permintaan domestik yang tinggi sehingga membentuk pasar tersendiri. ”Permintaan domestik yang tinggi inilah yang membuat banyak investor ingin menanamkan modalnya. Salah satunya melalui konsep bisnis waralaba,” kata Anang.
Dengan segala faktor-faktor di atas, sebagai media yang sangat concern terhadap tumbuh kembangnya kewirausahaan di Indonesia, Majalah Franchise Indonesia memandang perlu memberikan apresiasi di tahun 2024 kepada para pelaku franchise dalam ajang penghargaan bertajuk 20 Best Choice Franchise Opportunities 2024 dan 30 Best Choice Business Opportunities 2024.
Adanya ajang ini dimaksudkan sebagai tolak ukur kinerja para pelaku industri franchise di Indonesia yang telah berjibaku mengembangkan jaringan usahanya dengan baik. “Anugerah ini diberikan sebagai motivasi para pelaku bisnis Franchise agar usahanya bisa sustain dan berdaya saing. Dengan jumlah peluang bisnis Franchise dan BO terus bertumbuh diprediksi mencapai ratusan bahkan ribuan, tentu saja membuat masyarakat yang ingin berwirausaha kesulitan dalam menentukan pilihannya,” kata Rofian Akbar lagi.
Yang tak kalah penting juga, dengan adanya penghargaan dan rekomendasi dari majalahfranchise.com ini, ungkap Akbar diharapkan minimal bisa menjadi panduan masyarakat dalam menentukan pilihan investasi usaha ke depan.
Ada sekitar 20 merek franchise dan 30 merek business opportunities (BO) terbaik yang merupakan hasil editor choice dari redaksi Majalahfranchise.com dan sangat direkomendasikan untuk dipilih di 2024. Menggunakan metode penelitian desk research serta penjurian oleh tim riset Majalahfranchise.com. penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap 600 merek franchise dan BO di seluruh kategori bisnis yang terdata di pameran maupun database majalahfranchise.com.
Metode Desk Research juga dilakukan dengan cara melakukan penelitiaan melalui sumber-sumber yang tersedia di publik, seperti dari brosur , media cetak maupun digital (Google), website, dan social media seperti FB, Twitter, dan Instagram. Sementara untuk penjuriannya dilakukan melalui scoring dengan 4 aspek yang dinilai, yaitu: Business potentiality Aspect (sebesar 35%) yang meliputi Product Value & Sustainability, business concept dan market scale.
Lalu ada Business Development Aspect (sebesar 25%) yang meliputi network developoment, product development dan people (SDM).
Kemudian ada Brand Development Aspect (sebesar 20%) yang mengandung unsur penting yakni branding activity (baik lewat pameran, sosmed, liputan media, promosi dan digitalisasi) serta yang terakhir adalah Management Aspect (sebesar 20%) yang meliputi management support dan marketing support.
Dengan berbagai faktor penilaian di atas, majalahfranchise.com memutuskan inilah merek-merek franchise dan BO pilihan terbaik di Indonesia 2024.
LIST 20 BEST CHOICE FRANCHISE OPPORTUNITIES 2024
1. Indomaret
2. Apotek K-24
3. Depo air minum Biru
4. Ray white Indonesia
5. JNE
6. Royal Garden Spa
7. D’penyetz
8. Ayam Gepuk Pak Gembus
9. Ayam Keprabon
10. Crispyku
11. Melia Laundry
12. Captain Barbershop
13. Ropi
14. Kebab Turki Baba Rafi
15. Oto Bento
16. Tahu Jeletot Taisi
17. Ohayo Drawing School
18. Shop & Drive
19. Campina
20. Snapy
LIST 30 BEST CHOICE BUSINESS OPPORTUNITY 2024
1. Sugaku Sempoa & Math
2. Xile Mandarin
3. Mie Gacorin
4. Madeena Skin Clinic
5. Snapfit
6. Ohtentik
7. Autoone
8. Roemah Rempah
9. De Wave
10. Temu Kamu Coffee
11. Bakso Benhil
12. Barberpedia
13. Beautytopia
14. Hollytea
15. Tentang Kopi
16. Kopi Dari Hati
17. Tempat Bercakap
18. Minang Sepakat
19. Sambal Bakar Foodbank
20. You Need Mee
21. Kharisma Bahari
22. Subsidi Bahari
23. Putri Bahari
24. Cinta Sejatea
25. Kopi Sewindu
26. Selera bahari
27. Teman Nongkrong
28. Selera Sambal
29. Teman Ice Cream
30. Warkop Naik kelas
31. Barbertopia
32. Hungrybank
33. Rindu Minang
34. Loving Bean
35. Honey Bunny
36. Friedtopia. (ibs)