Pertahankan Imunitas Tetap Baik Saat Berpuasa, Coba Lakukan Cara Ini

Berolahraga

ilustrasi orang berolahraga (dok Kemenpora)

INDOPOS.CO.ID – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Tentu dibutuhkan imunitas tubuh yang baik untuk mencegah tertularnya virus ini. Lalu di bulan Ramadan, apakah perlu masyarakat mengkonsumsi suplemen untuk tetap menjaga imunitas di saat berpuasa.

“Suplemen itu tambahan, jadi tidak harus. Dan banyak masyarakat berasumsi bila tidak mengkonsumsi suplemen, maka puasanya akan lemas,” kata dr Miftahul Fadly, Dokter spesialis penyakit dalam secara daring, Senin (4/4/2022).

Namun, dikatakan dia, bagi orang-orang dengan tingkat aktivitas tinggi sangat dibutuhkan suplemen. Hal ini untuk menjaga imunitas tubuh tetap baik.

“Karena tanpa suplemen, biasanya Minggu pertama dan kedua oke, tapi pada Minggu ketiga drop,” terangnya.

Ia menyebut, jenis suplemen beragam. Namun vitamin C cukup membantu saat menjalankan puasa Ramadan. “Bisa saja vitamin C dikonsumsi usai berbuka puasa atau malam hari. Ini untuk menjaga kebugaran tubuh,” ucapnya.

Lalu untuk menjaga imunitas tubuh, masih ujar dia, bisa saja dilakukan olahraga saat berpuasa. Salah satunya dengan berjalan kaki saat pagi hari.

“Jadi tidak harus olahraga lari atau aerobik. Cukup jalan kaki di pagi hari dengan durasi 30 menit. Ini juga agar kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari,” katanya.(nas)

Exit mobile version