Sisihkan Zakat, Tips Mengelola Uang THR Agar Jangan Sampai Jebol

Kominfo

Kominfo menyelenggarakan Webinar Creativetalks Pojok Literasi bertajuk Kelola THR Jangan Sampai Jebol. ( Ist)

INDOPOS.CO.ID – Tunjangan Hari Raya (THR) selalu dinantikan banyak orang menjelang Idulfitri. Jika sudah mendapatkannya, sering kali langsung menghabiskan. Karenanya harus mulai pikirkan mengelolanya dengan baik.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary memberikan tips mengelola THR agar tidak jebol. Di antaranya membuat catatan keuangan dan utamakan kebutuhan.

“Sisihkan untuk zakat dan sedekah, gunakan berinvestasi, gunakan dana mudik, gunakan membayar utang, belanja untuk diri sendiri sesuai kemampuan,” kata Septriana dalam acara daring bertajuk Kelola THR Jangan Sampai Jebol, Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Sementara terkait literasi keuangan, Kominfo melakukan kolaborasi dengan OJK, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan seluruh stakeholders lainnya untuk meningkatkan indeks literasi keuangan masyarakat.

“(Literasi keuangan) melalui berbagai program seperti kampanye, sosialisasi, dan turut serta dalam Bulan Inklusi Keuangan digelar pada Oktober setiap tahunnya,” tutur Septriana.

Direktur Surat Utang Negara, Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menjelaskan cara mengelola THR agar bisa di konsumsi lebih lama, yakni lebih memperhitungkan pengeluaran berdasarkan prioritas penggunaannya sesuai kebutuhan.

Sisihkan untuk dana darurat dan upayakan untuk membayar utang jika ada. Sebaiknya gunakan uang THR sebaik-baiknya.

“Dalam piramida keuangan, kita harus mengutamakan keamanan keuangan terlebih dahulu, yaitu bahwa kita dapat mengelola penghasilan untuk dana darurat dan melunasi pinjaman konsumtif, serta asuransi,” terang Deni.

“Setelah itu kita baru meningkat pada kenyamanan keuangan, seperti mempersiapkan dana hari tua/pensiun dan penghasilan pasif, serta distribusi kekayaaan (waris dan hibah),” tambahnya.(dan)

Exit mobile version