Balmon jazz Bangkitkan Sektor Ekonomi Kreatif

Balmon jazz

lokasi pelaksanaan even venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

INDOPOS.CO.ID – Balkonjazz Festival kembali hadir sebagai upaya menggerakkan kembali sektor ekonomi kreatif yang lumpuh karena pandemi Covid 19. Balkonjazz 2022 rencananya akan digelar pada 14 Mei 2022 dan menggunakan venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

“Bisa kita lihat di beberapa negara maju, industri kreatif telah menjadi bagian utama dalam perkembangan industri budaya,” ucap Bakkar saat memberikan keterangan pers Jumat, baru-baru ini di Balkondes Karangrejo, Magelang.

Pada gelaran kedua ini Balkonjazz Festival menampilkan beberapa line up artis nasional, diantaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggaini, Coldiac, & Megantoro.
Dengan tagline “Energy That Heals”, Balkonjazz Festival menggabungkan antara festival musik dan produk UMKM yang digelar di area Balkondes. Event ini diharapkan menjadi pemantik dalam mempromosikan potensi ekonomi pedesaan dan pariwisata Borobudur.

Melalui Balkonjazz festival juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk percepatan pemulihan industri hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional, sekaligus mengawali geliat event di masa pandemi ini.
Bakkar Wibowo selaku Founder Balkonjazz Festival dan Sinergi Live mengatakan, Balkonjazz sebagai upaya untuk ikut serta memberikan kontribusi ekonomi secara nyata dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya dalam atraksi event dan seni pertunjukan.

“Even atau pelaksanaan kegiatan menjadi satu cara tercepat tumbuhkan dan gairahkan kembali ekonomi kerakyatan,” katanya.

Terkait dengan Borobudur sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Presiden Jokowi saat kunjungan ke Bodobudur Rabu (30/03/2022) menyampaikan, “Dalam dua tahun ini memang kita melakukan perbaikan besar terhadap lingkungan di Candi Borobudur, baik jalan-jalan di sekitar Borobudur yang kita perlebar, kemudian juga di dalam Borobudurnya sendiri, untuk masuk ke arah candi juga kita percantik. Apapun ini adalah salah satu dari destinasi wisata prioritas yang ingin kita perbaiki,” ucap Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Selain dari sisi infrastruktur, Presiden Jokowi juga memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya secara rutin di destinasi wisata Tanah Air, termasuk Candi Borobudur.

Menurut Presiden Jokowi, pagelaran seni tersebut akan dapat menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Indonesia. “Juga yang paling penting adanya event seni budaya yang rutin, seni pertunjukan yang rutin yang terus digelar di lokasi-lokasi destinasi wisata kita, termasuk di dalam Borobudur, harus terus dilakukan sehingga akan menarik lebih banyak wisatawan datang ke Indonesia,” ucapnya lagi. (ney)

Exit mobile version