4 Tips Mengelola Bahan Makanan Tetap Segar dan Higienis

Solusi-penyimpanan-Pintar

Webinar bertajuk Pesta Diskon Supermarket: Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar. ( Aplikasi Zoom)

INDOPOS.CO.ID – Bahan makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi dan dikelola dengan baik. Maka itu cermat mengatur dan mengelola, terutama penyimpanan menjadi hal harus diperhatikan.

Menurut Celebrity Chef Devina Hermawan, manajemen penyimpanan selalu menjadi tantangan tersendiri yang seringkali dihadapi. Berbagai cara dan faktor perlu diperhatikan demi menjaga kualitas kesegaran bahan dan meminimalisir kerugian belanja.

Pada dasarnya, mengoptimalkan waktu berbelanja agar lebih praktis, sebagian besar orang memilih membeli beragam kebutuhan bahan dapur dalam jumlah banyak sekaligus.

Seringkali terlupakan, bahan makanan itu memiliki karakteristik berbeda-beda. Selalu ada komponen khusus setiap metode penyimpanannya. Baik itu makanan segar, makanan siap saji, hingga bahan makanan pendukung lainnya.

“Membantu dapur kita tetap aman dalam menjaga penyimpanan bahan makanan dan yang terpenting adalah kebutuhan keluarga tetap terpenuhi,” kata Devina dalam acara virtual, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Berikut tips yang dapat menjadi solusi dan inspirasi penyimpanan pintar untuk menjaga kesegaran makanan. Pertama, membuat rencana belanja mingguan atau bulanan secara baik dan bijak.

Pengelolaan kebutuhan bahan baku perlu diimbangi dengan proses belanja yang cermat. Buat daftar skala prioritas, rencanakan kebutuhan utama apa saja yang diperlukan, produk apa saja yang dapat di beli di bulan berikutnya.

Kedua, kelola posisi penempatan dan suhu yang sesuai karakteristik. Prinsipnya tidak semua bahan makanan dapat disimpan di lemari pendingin, namun tidak semua bahan makanan juga dapat disimpan pada rak atau lemari dapur.

Ketiga, mengatur stok dengan pencatatan yang teliti. Biasakan melakukan pencatatan saat barang hendak disimpan dan perhatikan tanggal kadaluarsa pada makanan kaleng maupun siap saji.

Tips terakhir yang tak kalah penting, selalu memastikan dan menjaga kebersihan dapur, lemari penyimpanan, dan kulkas dengan secara rutin, termasuk memantau kebersihan wadah penyimpanan.(dan)

Exit mobile version