Ini 5 Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Cek-Gula-Darah

Ilustrasi ( halodoc.com)

INDOPOS.CO.ID – Tekanan darah tinggi dijuluki sebagai penyakit “silent killer”. Penyakit ini merupakan kondisi berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke. Dua penyakit tersebut bahkan menjadi penyebab kematian di beberapa negara besar.

Gaya hidup dapat memainkan peran penting sebagai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Jika seseorang mampu mengontrol tekanan darahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat, bisa jadi kebutuhan untuk mengonsumsi obat-obatan bisa dikurangi. Alhasil, risiko terhadap penyakit berbahaya akibat komplikasi hipertensi juga bisa diturunkan.

Tekanan darah itu normalnya ada di angka 120/80 mmHg. Jika tekanan darahnya mencapai 130/80 mmHg ke atas, kondisi ini sudah masuk kategori tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terbentuk dari berbagai faktor. Beberapa di antaranya gaya hidup yang tidak sehat yang mencakup pola makan yang buruk dan kurang olahraga. Kondisi kesehatan lain seperti diabetes dan obesitas juga jadi pemicu tekanan darah tinggi. Berikut Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi hanya dengan cepat:

1.Latihan Otot Pernapasan
Hal ini mungkin dapat dianggap remeh. Tetapi faktanya bisa menurunkan tekanan darah ‘hanya’ dalam tempo 5 menit. Mengutip Journal of the American Heart Association cara latihan otot pernapasan ini disebut juga dengan IMST (Inspiratory Muscle Strength Training). Adapun, kegiatan ini bisa dilakukan dengan bernapas seperti biasa guna memperkuat diafragma dan otot pernapasan, serta menjaga kesehatan jantung.

2.Mengatur Pola Makan
Guna menurunkan tekanan darah, mulailah dengan mengganti makanan yang mengandung gula, karbohidrat, olahan biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak. Gula mampu meningkatkan tekanan darah lebih tinggi dengan cepat. Sementara mengurangi konsumsi karbohidrat mampu menurunkan tekanan darah diastolik sekitar 5 mmHg, dan sistolik sebesar 3 mmHg setelah dilakukan selama 6 bulan.

3.Rutin Olahraga
Olahraga yang disarankan untuk mengurangi darah tinggi yaitu berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga. Aktivitas ini dapat dilakukan sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Jika kamu sudah lama tidak berolahraga, cobalah untuk melakukan secara bertahap. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera.

4.Menjaga Berat Badan Ideal
Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih pada arteri. Dampaknya, akan menimbulkan tekanan darah lebih tinggi.

5.Membatasi Konsumsi Garam
Cara lain yang dapat dilakukan yaitu membatasi konsumsi garam (sodium) baik itu garam yang ada pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan. Jika jumlah sodium di dalam tubuh berlebihan, tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, pengidap tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau menjalani diet rendah garam. Dalam tubuh orang dewasa hanya dianjurkan untuk mengonsumsi sodium sebanyak 1500–2000 mg per hari.

Itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi. Pastikan untuk melakukan semua cara tersebut agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari hipertensi beserta komplikasinya. Sebaiknya lakukan semua hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.(mg12)

Exit mobile version