Kenali Penyebab Tubuh Lemas Akibat Kurang Darah, Begini Cara Mencegahnya

Gejala-Anemia

Ilustrasi (halodoc.com)

INDOPOS.CO.ID – Anemia atau kurang darah terjadi akibat kondisi yang sudah ada sejak lahir atau kondisi yang dikembangkan ketika masa pertumbuhan. Darah memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh manusia. Dengan jumlah darah yang cukup, maka seluruh bagian tubuh akan mendapatkan oksigen dan ternutrisi dengan baik. Namun, saat tubuh kurang darah, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Kekurangan darah atau anemia adalah kondisi saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itu, ketahui berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kondisi anemia. Dengan begini, kesehatan kamu tetap dalam kondisi yang optimal. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang mengalami anemia, seperti:

1.Tubuh tidak membuat sel darah dengan jumlah yang cukup untuk tubuh.

2.Mengalami perdarahan sehingga kehilangan darah lebih cepat.

3.Tubuh yang mengalami gangguan sehingga menghancurkan sel darah merah sehat.

Saat mengalami anemia, umumnya gejala yang akan dialami adalah lemas, cepat lelah, nafas menjadi lebih pendek, hingga suhu tubuh yang menjadi lebih dingin. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang terkait dengan kurang darah, seperti:

1.Sakit kepala.
2.Pusing.
3.Kulit yang lebih pucat.
4.Detak jantung yang lebih cepat.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit ketika kamu mengalami gejala yang terkait dengan anemia. Pemeriksaan yang lebih dini akan membuat pengobatan dan perawatan yang tepat bisa segera dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pencegahan secara maksimal saat kondisi kesehatan mulai membaik.

DR. Fadhli Rizal Makarim mengatakan, “ kurang darah dapat menyebabkan tubuh lemas dan pusing. Pastikan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat besi dan folat untuk mencegah kurang darah”. Dikutip dari halodoc.com

Pencegahan perlu dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang memengaruhi produksi sel darah merah. Ada beberapa mineral yang perlu kamu penuhi asupannya agar terhindar dari anemia, seperti:

1.Zat Besi. Kamu bisa mendapatkan zat besi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, seperti hati sapi, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2.Folat. Penuhi kebutuhan folat dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau, hingga kacang-kacangan.

3.Vitamin B12. Ada berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B12, seperti daging, produk susu, hingga kacang kedelai.

4.Vitamin C. Kamu bisa menemukan vitamin C dari buah dan sayuran.

Selain itu, jangan lupa untuk membatasi asupan kopi dan teh. Kedua jenis minuman ini membuat tubuh kesulitan menyerap zat besi dengan baik sehingga rentan membuat kamu mengalami anemia. Jangan lupa untuk selalu memastikan asupan makanan yang bergizi agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.(mg12)

Exit mobile version