Catat! Ini Dampak dan Sifat Gangguan Irama Jantung yang Tak Teratur

ilustrasi kelainan jantung

Ilustrasi. Freepick.com

INDOPOS.CO.ID – Siloam Hospitals TB Simatupang (SHTB) menggelar talkshow dengan topik ‘Mengenal Lebih Jauh tentang Atrial Fibrilasi atau Gangguan/Kelainan Irama Jantung’ di Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Talkshow ini digelar pakar tim Kardiologi Aritmia, yang dipimpin Prof. DR. dr. Yoga Yuniadi, SpJP (K) FIHA, FAsCC, FEHRA serta 3 spesialis jantung yaitu dr. Donny Yugo Hermanto, SpJP (K) FIHA, dr. Budi Ario Tedjo, SpJP (K) FIHA dan dr. Arwin Saleh Mangkuanom, SpJP (K) FIHA.

“Orang normal tidak dapat mendengarkan denyut jantungnya,” ujar Prof. Yoga dalam pengantarnya sebelum talkshow.

Atrial fibrilasi merupakan gangguan irama jantung yang tidak teratur dan dapat menyebabkan gagal jantung dan stroke. Atrial fibrilasi juga bersifat incidental dan kadang-kadang bisa permanen.

Selain itu, dr. Donny menyebutkan, 1 dari 3 orang berisiko mendapatkan atrial fibrilasi sepanjang hidupnya, terutama mereka yang berusia di atas 55 tahun.

“Di Indonesia dan India, sekitar 600-700 kasus orang dalam 100 ribu penduduk dan ini juga berakibat meningkatnya pembiayaan dan handicap kesehatan untuk penyakit ini,” katanya.

Sementara itu, dr. Arwin memaparkan tentang teknologi untuk melihat gangguan irama jantung melalui teknologi FFR (Invasif Fractional Flow Reserve), yakni alat pemeriksaan pembuluh darah dengan memasukkan wire untuk menilai aliran di pembuluh darah koroner.

“Prof. Yoga dan tim bergabung di SHTB sejak Januari 2022 dan melengkapi pakar ahli jantung di SHTB yang dengan total 17 spesialis mencakup Sp.JP, Sp.BTKV, Sp.JP (Anak), Sp.JP (K) FIHA,” jelas Direktur Rumah Sakit SHTB, dr. Dewi Anggraini, MARS.

Adapun tindakan yang dapat dilakukan meliputi CAG (Coronary Angiogram), PCI (Percutaneous Coronary Intervention), IVUS (Intravascular Ultrasound), FFR (Fractional Flow Reserve), TPM (Temporary Pacemaker) dan PPM (Permanent Pacemaker).

Sementara penanganan gangguan aritmia dapat dilakukan di SHTB dengan alat-alat medis yang berteknologi tinggi melalui prosedur ablasi jantung dan cyro ablasi. (rmn)

Exit mobile version