Pentingnya Memilih Souvenir Seminar yang Relevan dengan Topik Acara

Pentingnya Memilih Souvenir Seminar yang Relevan dengan Topik Acara - suvenir - www.indopos.co.id

Ilustrasi. Foto: Capture Google

INDOPOS.CO.ID – Pentingnya memilih souvenir seminar yang relevan dengan topik acara perlu menjadi perhatian perusahaan, sebelum menentukan. Relevansi turut menggambarkan seperti apa karakter suatu perusahaan.

Dapat dibayangkan, jika souvenirnya tidak memiliki keterkaitan apapun dengan topik acaranya. Ini bisa memunculkan kebingungan di mata peserta yang mengikuti acaranya dan bisa segera dilupakan begitu saja.

Untuk itulah diperlukan pemilihan cermat sehingga bisa menghadirkan kesan positif yang bertahan dalam waktu lama. Seperti apa pentingnya pemilihan souvenir ini?

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ketika mengikuti sebuah seminar, harapan klien/konsumen tentunya mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupannya. Namun, ilmu tersebut tidak cukup dengan disampaikan saja. Perlu ada sesuatu yang konkrit untuk meningkatkan kepercayaan dari peserta terhadap acara seminar ini.

Memberikan souvenir bisa menjadi opsi tepat, sebab menandakan kemampuan perusahaan untuk menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen. Souvenir ini juga menggambarkan karakter perusahaan sehingga menampilkan kesan tertentu, yang bila positif akan menambah kepercayaan konsumen.

2. Menjadi Kenang-kenangan Tentang Acara yang Diselenggarakan

Pentingnya memilih souvenir seminar yang relevan dengan topik acara berhubungan dengan kemudahan konsumen dalam mengingat acara tersebut. Jadi ketika suatu hari melihat dan akan memakai souvenir tersebut, bisa membuat seseorang mengingat seminar yang pernah diikutinya.

Semakin mudah untuk diidentifikasi relevansinya, akan lebih baik. Misalnya jika seminar yang diadakan adalah tentang parenting terhadap anak usia balita. Maka bisa dikaitkan dengan souvenir, seperti tas dengan ukuran yang pas.

Tas ini memiliki kemampuan untuk memuat berbagai jenis benda. Sehingga tidak saja memudahkan orang tua untuk menjaga anaknya dengan lebih bebas bergerak, namun juga membantunya membawa berbagai perlengkapan untuk anak dengan lebih praktis.

3. Mempromosikan Perusahaan Hingga Masa Mendatang

Pemilihan souvenir bisa menjadi sarana yang tepat bagi suatu perusahaan, untuk mempromosikan produk atau layanannya. Ini memberikan pesan kepada konsumen bahwa souvenir yang diberikan bukan hanya untuk kegunaan sehari-hari, namun juga representasi perusahaan.

Sebagai contoh, jika memberikan souvenir T-Shirt yang bisa dipakai berulang kali, brand perusahaan bisa terlihat lebih banyak orang. Secara tidak langsung, ini bisa mendatangkan minat orang lain yang penasaran akan brand tersebut.

4. Membantu Meningkatkan Penjualan

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, pentingnya memilih souvenir seminar yang relevan dengan topik acara berhubungan dengan promosi. Bahkan bisa dikatakan promosi gratis, apalagi jika souvenirnya tipe yang dapat dipakai terus-menerus.

Seperti contoh tas seminar dengan logo perusahaan yang dibuat secara custom. Logo tidak perlu mencolok, yang penting terlihat dan nampak serasi dengan tasnya. Apalagi jika desain logonya sederhana namun unik, bisa semakin banyak orang yang melihatnya.

Jika promosi tersebut berjalan dengan baik, sangat mungkin jika penjualan akan meningkat. Pada awalnya mungkin orang-orang yang penasaran. Namun, jika perusahaan dapat membuktikan bahwa produknya memang berkualitas dan bermanfaat, konsumen tersebut bisa membeli lagi di masa mendatang.

5. Menjaga Relasi Baik dengan Konsumen

Mempererat relasi dengan konsumen berhubungan dengan pentingnya memilih souvenir seminar yang relevan dengan topik acara. Mengapa demikian? Souvenir melambangkan ajakan untuk menjalin relasi yang baik. Perusahaan mengapresiasi orang-orang yang hadir dengan souvenir.

Terlebih jika souvenirnya berguna untuk waktu lama dan diikuti pesan yang baik, dapat meninggalkan kesan yang positif di benak penerima. Kedepannya jika ingin menggunakan produk ini, timbul rasa familiar karena pernah mengikuti seminar yang diikuti dengan souvenir berkualitas.

6. Menghemat Biaya untuk Beriklan

Iklan merupakan strategi yang sangat lumrah digunakan banyak perusahaan untuk mempromosikan brand-nya. Semakin luas jangkauan iklan, maka biaya yang harus dikeluarkan pun bertambah besar. Opsi lainnya yang cukup bijak adalah memberikan souvenir ketika mengadakan seminar.

Tentunya souvenir ini harus relevan dengan topik yang dibahas, sehingga mengingatkan konsumen akan pentingnya produk tersebut. Logo perusahaan dapat dicantumkan di souvenir, sehingga menjadi media promosi dengan sendirinya tanpa harus banyak beriklan.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya memilih souvenir seminar yang relevan dengan topik acara. Ada banyak manfaat yang hadir dengan pemilihan souvenir yang dilakukan dengan cermat.

Mulai dari terjalinnya hubungan baik dan rasa familiar konsumen, hingga promosi yang berdampak terhadap peningkatan penjualan. Tentunya semua ini wajib diiringi dengan kualitas pelayanan yang baik sehingga konsumen tidak segan untuk membeli lagi di lain waktu. (ibs)

Exit mobile version