Belasan Anak di Jateng Mengikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis

Baksos-Operasi-Bibir-Sumbing

dokter spesialis bedah mulut RS Siloam Karawaci Dr.drg. Andi Setiawan Budihardja SpBM(K) menerima kenang kenangan dari Pengasuh Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo sekaligus Ketua Yayasan Syubbanul Wathon, KH. Achmad Izzuddin (kedua dari kanan) didampingi Direktur PT Siloam International Hospitals Monica Lembong (belakang kedua dari kiri), pada acara operasi bibir sumbing gratis di Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat-Sabtu (5-6/5/2023). Foto: Siloam Hospitals

INDOPOS.CO.ID – Belasan anak di Jawa Tengah (Jateng) mengikuti operasi bibir sumbing secara gratis di Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon Tegalrejo, Magelang.

Bakti sosial (baksos) ini dilakukan RSU Syubbanul Wathon Tegalrejo dengan bekerja sama terhadap Yayasan Dharma Wulan, Smile Train dan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrego.

Tujuannya untuk memberikan lebih banyak senyuman di wajah masyarakat, khususnya di daerah Magelang dan sekitarnya. Sasaran dari baksos ini adalah masyarakat umum yang kurang mampu.

“Kegiatan ini telah dimulai pada 4 Mei 2023 dengan tahap pemeriksaan pasien dan tindakan operasi dilakukan pada 5-6 Mei 2023,” ujar CEO RSU Syubbanul Wathon, dr. Ervina Leswandari, melalui keterangan tertulis, Minggu (7/5/2023).

Perwakilan dari Yayasan Dharma Wulan yang juga dokter spesialis bedah mulut RS Siloam Karawaci, Dr.drg. Andi Setiawan Budihardja SpBM(K) mengucapkan terima kasih bisa melayani dalam baksos ini.

Salah satu pasien peserta operasi gratis bibir sumbing sedang dikunjungi oleh Ketua Yayasan Syubbanul Wathon, KH. Achmad Izzuddin (kiri) dan Direktur Siloam Hospitals Monica Lambong (kanan).

“Di Indonesia, pasien bayi dengan kelainan celah bibir dan langit ada satu dari 600 atau 700 kelahiran,” katanya.

Menurut Andi, anak dengan kelahiran bibir sumbing ini akan menimbulkan problem. Pertama anak itu akan kesulitan minum susu di awal, kemudian akan mengganggu tumbuh kembang, kecerdasan serta gangguan psikologi anak.

Ketua Yayasan Syubbanul Wathon, KH. Achmad Izzudin mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dari Yayasan Dharma Wulan dan Smile Train.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini, RSU Syubbanul Wathon lebih memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Dengan begitu, ia berharap kegiatan baksos semacam ini, khususnya operasi bibir sumbing bisa terus berlanjut.(ibs)

Exit mobile version