Ketika Ratusan Pelajar Ikuti Pelatihan Dokter Cilik

pelajar

Para siswa-siswi SD Negeri 01 Pejaten Timur saat ikuti pelatihan dokter cilik. Foto: Diskominfotik/Istimewa.

INDOPOS.CO.ID – Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pembantu Kelurahan Pejaten Timur, Diah Widyarini, menyampaikan bahwa Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, melalui Puskesmas Pembantu Kelurahan Pejaten Timur, tengah menggelar pelatihan dokter kecil di SD Negeri 01 Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Menurutnyq, kegiatan ini merupakan langkah untuk meningkatkan keterlibatan pelajar dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Saat ini, kami tengah menyelenggarakan pelatihan bagi 100 peserta dari berbagai sekolah di wilayah Kelurahan Pejaten Timur, baik swasta maupun negeri,” katanya kepada wartawab Senin (5/2/2024).

Diah menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pelajar dalam menjaga kesehatan dan lingkungannya.

“Para peserta menerima materi kesehatan dari dua dokter internship, meliputi aspek kesehatan lingkungan, panca indra, gigi dan mulut, imunisasi, serta praktik P3K untuk pertolongan pertama pada kecelakaan,” ujarnya.

“Setelah mengikuti kegiatan selama tiga hari, dokter kecil akan dilantik dan berpartisipasi dalam lomba dokter kecil tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Pejaten Timur, Puji Marhaeni, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pelatihan dokter kecil.

Ia menilai bahwa kegiatan ini memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian positif yang dapat menjadi contoh bagi sesama di lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga..

“Saya berharap para peserta pelatihan ini dapat menjadi Duta Kesehatan atau mencapai cita-cita mereka sebagai dokter di masa depan,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version