3 Potensi Bahaya Ini Mengintai saat Angka Penularan Covid-19 Tinggi

Covid-19

Ilustrasi - Sel virus corona. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan, ada tiga potensi bahaya dengan meningkat tingginya penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Pertama, makin banyaknya kasus maka tentu secara proporsional akan makin banyak juga yang jatuh sakit sedang atau berat.

“Setidaknya membuat beban pelayanan kesehatan makin meningkat,” kata Tjandra melalui gawai, Jakarta, Selasa (8/2/2022).

Apalagi sudah dikabarkan dua hari yang lalu, bahwa sudah mulai banyak petugas kesehatan yang tertular Covid-19.

Artinya, penularan di masyarakat harus ditekan agar jumlah yang kasus sedang berat juga dapat dikendalikan dan pelayanan rumah sakit juga dapat lebih optimal.

“Jangan sampai, kejadian Juni dan Juli tahun yang lalu terjadi lagi,” pesannya.

Potensi bahaya kedua, beberapa waktu yang lalu DirJen WHO Dr Tedros secara jelas menyebutkan bahwa “more transmission of Covid-19 means more deaths”.

“Kita dengan amat sedih mengetahui bahwa kemarin, 7 Februari 2022, ada 82 orang warga kita yang wafat akibat Covid-19,” tuturnya.

Kondisi tersebut meningkat lebih dari 15 kali dalam sebulan, dari 7 Januari 2022 dimana kita bersedih karena 5 warga kita wafat ketika itu.

“Pengendalian penularan di masyarakat merupakan salah satu upaya penting, untuk menekan kasus berat yang dapat menimbulkan kematian,” ujar Tjandra.

Ketiga, jika penularan di masyakat sedang tinggi seperti sekarang, maka virus harus bereplikasi untuk terus memperbanyak diri dalam penularan ini.

“Pada waktu virus bereplikasi, maka dapat saja terjadi mutasi, dan kalau mutasi berkepanjangan maka ini dapat berpotensi menimbulkan varian baru,” cetusnya. (dan)

Exit mobile version