Ukraina Memanas, Pemerintah Bakal Evakuasi WNI

Ukraina

Ilustrasi - Kondisi kendaraan militer terbakar di Ukraina. (Twitter/@Abasov__)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah mempersiapkan rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina, setelah Rusia melancarkan invasi ke negara tetangganya tersebut.

“Pemerintah, melalui Kementerian Luar Negeri, telah mempersiapkan rencana evakuasi WNI. Keselamatan WNI selalu menjadi prioritas pemerintah,” tulis keterangan Kemenlu melalui laman resminya, Jumat (25/2/2022).

Penghormatan terhadap tujuan dan prinsip piagam PBB dan hukum internasional, termasuk penghormatan terhadap integritas wilayah dan kedaulatan, penting untuk terus dijalankan.

Oleh karenanya, serangan militer di Ukraina tidak dapat diterima. “Serangan sangat membahayakan keselamatan rakyat dan mengancam perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia,” ujar Kemenlu.

Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer secara resmi pada Kamis (24/2/2022) kemarin. Serangan Rusia kemudian dimulai dengan ledakan di sejumlah Kota di Ukraina, termasuk itu kota Kyiv, Odessa, Kharkiv dan Mariupol. Ketegangan pun masih berlangsung.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengumumkan status darurat militer dan meminta semua warga untuk siap berperang melawan pasukan Rusia.

Ia mengatakan negara akan membekali senjata kepada rakyat yang bersedia maju untuk melawan militer Putin. “Masa depan Ukraina bergantung pada rakyat Ukraina,” ujar Zelenskyy. (dan)

Exit mobile version