6 WNI dan 1 WNA Berhasil Dievakuasi dari Kota Lviv, Kemenlu: Mereka Dalam Keadaan Sehat

ukraina

Enam warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Lviv Ukraina berhasil dievakuasi. Foto: Twitter/@Kemlu_RI

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kembali melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terletak di sebelah barat Ukraina, L’viv pada, Senin (28/2/2022).

Tim penjemput WNI berhasil membawa mereka menuju Kota Rzeszow, Polandia. Dipastikan kondisi para WNI dalam keadaan baik.

“Hari ini (28/2/2022) enam WNI dan satu WNA (pasangan WNI) berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow Polandia. Mereka dalam keadaan sehat,” tulis akun Twitter resmi Kemlu @Kemlu_RI dilihat, Senin (28/2/2022).

Misi evakuasi itu dilakukan saat situasi konflik antara Ukraina dengan Rusia makin memanas. Bahkan peristiwa itu menelan ratusan korban jiwa dan ribuan orang mengalami luka.

Tim KBRI Bucharest sebelumnya membawa evacuee (pengungsi) menuju Bucharest. Berdasar data Badan pengungsi PBB mencatat lebih dari 120.000 pengungsi Ukraina telah meninggalkan negara tersebut ke negara tetangga sejak Rusia menyerang.

Sebagian besar menuju ke Polandia dan Moldova, tetapi juga ke Rumania, Slovakia serta Hongaria. Karenanya, pemerintah Indonesia bakal mengevakuasi seluruh WNI.

“Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di wilayah Rumania,” tulis akun Twitter resmi Kemenlu pada, Minggu (27/2/2022).

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha memastikan pemerintah tengah menyiapkan rencana evakuasi untuk para WNI yang kini berada di Ukraina. Data terakhir yang dicatat Kemlu ada total 153 WNI di Ukraina. (dan)

Exit mobile version